Penanaman Nilai-Nilai Tauhid Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak (Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kampung Delima Curup Timur)

Berlian, Intan and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Idris, Muhammad (2023) Penanaman Nilai-Nilai Tauhid Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak (Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kampung Delima Curup Timur). Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
INTAR BERLIAN BAB12345_103914.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan pada prinsip merupakan upaya alat transformasi yang efektif menuju perubahan-perubahan tertentu. Pendidikan hadir untuk membentuk manusia berhati lembut, berbudi luhur, saling mengasihi antar sesama dan memperlakukan lingkungannya secara manusiawi. Hal ini juga terkait dengan penanaman nilai-nilai tauhid yang sangat begitu penting dalam pembentukan manusia agar berbudi luhur serta berhati lembut. Maka Guru Aqidah Akhlak berperan sangat penting dalam pembentukan karakter siswa/I. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja nilai-nilai tauhid dalam pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kampung Delima Curup Timur, untuk mengetahui pelaksanaan dan faktor penghambat dalam penanaman nilai-nilai tauhid dalam pembelajaran aqidah akhlak. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriftif. Subjek penelitian yaitu Kepala Sekolah, Guru Aqidah Akhlak, serta Siswa/I. Dengan pengumpulan data melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Sedangkan teknis analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini ialah penanaman nilai-nilai tauhid dalam pembelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kampung Delima Curup Timur menggunakan metode sebagai berikut : metode ceramah, metode diskusi. Faktor penghambat Guru Aqidah Akhlak dalam menanamkan nilai-nilai tauhid pada siswa/I meliputi : siswa/I mengantuk saat pembelajaran sedang berlangsung. Ketidakfokusan siswa/I saat pembelajaran sedang berlangsung, sulit diaturnya siswa/I di dalam kelas ketika pembelajaran sedang berlangsung, banyaknya siswa/I yang mengobrol saat pembelajaran sedang berlangsung yang menyebabkan penjelasan dari guru tidak efektif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Berlian, IntanBerlianwae91@gmail.com
Hamengkubuwono, Hamengkubuwonohamengku7@gmail.com
Idris, Muhammadmuhammadidris@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 21 Aug 2023 02:38
Last Modified: 21 Aug 2023 02:38
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5305

Actions (login required)

View Item View Item