Upaya Guru Dalam Membimbing Anak Lamban Belajar (Slow Learner) Di MIN 03 Rejang Lebong

Kurniati, Kurniati (2019) Upaya Guru Dalam Membimbing Anak Lamban Belajar (Slow Learner) Di MIN 03 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
UPAYA GURU DALAM MEMBIMBING ANAK LAMBAN BELAJAR(SLOW LEARNER) DI MIN 03 REJANG.pdf

Download (1MB)

Abstract

Cara mendidik dan mengajar anak lamban belajar tentunya berbeda dengan anak normal lainnya. Dengan melihat kenyataan tentang kemampuan peserta didik yang masih kurang dalam hal belajar. Dan tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa saja Upaya Guru Dalam Membimbing Anak Lamban Belajar(Slow Learner) Di MIN 03 Rejang Lebong Jenis penelitian ini adalah penelitiam lapangam yang bersifat deskriftif kualitatif , alat pengumpulan data dalam penelitian ini menngunakan teknik yang sesuai dengan masalah yang akan diteliti diantaranya dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dalam mengikuti pembelajaran dikelas siswa yang lamban belajar (slow learner) biasanya siswa hanya mengikuti perintantah dari guru, Cara belajar anak disekolah yaitu dengan cara pendekatan diri kepada setiap individu,memberikan contoh yang baik agar mudah anak untuk mengikutinya, dengan banyak belajar membaca karena membaca adalah kunci utamanya jika sudah bisa membaca yang lainnya hanya mengikuti saja, memberikan pelajaran khusus terhadap anak lamban belajar dan banyak memberikan motivasi agar anak semangat dalam belajar. 2) Upaya guru dalam membimbing anak lamban belajar (slow learner) di MIN 3 Rejang Lebong diantanya meliputi memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan menjawab, mengarahkan siswa apa yang tidak diketahuinya. Dan cara pengajaran dari guru kelas mereka pasti berbeda-beda, pelaksanaan nya juga sama dengan siswa normal lainnya tidak membeda-bedakan,dan guru kelaslah yang sangat berpenting dalam proses belajarnyan, dan biasanya memberikan perlakuan khusus pada anak-anak lamban belajar dalam berbagai hal agar anak mengerti . dan dalam pembelajaran juga banyak mengulang-ulang materi pada anak lamban karena mereka belum paham serta penambahan jam pelajaran pada waktu jam istirahat maupun jam pulang sekolah untuk membimbing anak lamban belajar tersebut. Belum semua aspek dalam kegiatan lanjutan dapat dilaksanakan disekolah karena keterbatasan alokasi waktu dan guru masih mempertimbangkan situasi dan kondisi lingkungan sekolah maupun dari anak lamban belajar itu sendiri

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Kurniati, KurniatiUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ReviewerKurniawan, KurniawanUNSPECIFIED
ReviewerBaryanto, BaryantoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Slow Learner; Upaya Guru
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 4 not found.
Date Deposited: 29 Oct 2019 13:45
Last Modified: 29 Oct 2019 13:45
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/530

Actions (login required)

View Item View Item