Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Konsep Diri Siswa Di Smp N 5 Rejang Lebong

Aprilia, Selly and Sumarto, Sumarto and Febriansyah, Febriansyah (2023) Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Konsep Diri Siswa Di Smp N 5 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.

[img] Text
skripsi selly .pdf

Download (3MB)

Abstract

UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGEMBANGKAN KONSEP DIRI SISWA DI SMP N 5 REJANG LEBONG ABSTRAK OLEH SELLY APRILIA (1964108) Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan peran guru Bimbingan dan Konseling dalam mengembangkan konsep diri siswa di SMP N 5 Rejang Lebong. Konsep diri merupakan suatu pandangan individu itu sendiri menyangkut kondisi fisik (tubuh) maupun kondisi psikis (sosial, emosi, moral dan kognitif). Terhadap dirinya sendiri sehingga akan menghasilkan sebuah penilaian yang sifatnya subyektif. Konsep diri terbentuk melalui pengalaman, perilaku, dan penilaian dari orang lain terhadap individu (lingkungan). Metode penilaian yang digunakan adalah penelitian study kasus (case studies) informan dalam penelitian ini yaitu guru Bimbingan dan Konseling, wali kelas dan siswa dengan teknik pengumpulan data mengunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi dan dianalisis menggunakan resuksi data, penyajian data (data display) dan kesimpulan serta data yang terkumpul dicek keabsahanya dengan mengunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep diri siswa di SMP N 5 Rejang Lebong (a) bagaimana konsep diri siswa di SMP N 5 Rejang Lebong dalam kategori rendah hal ini ditunjukan dengan mereka belum memahami tugas dan tanggung jawab sebagai siswa tidak mengetahui kelebihan dan kekurangan, mereka belum melaksanakan peranya dengan baik, ditandai dengan tidak ingin mengalah selalu ingin dipuji peka terhadap kritik, sangat responsive.(b) peran guru bimbingan dan konseling dalam mengembangkan konsep diri siswa di SMP N 5 rejang lebong peranan guru bimbingan dan konseling di sekolah sudah berjalan dengan baik / berjalan dengan semestinya. Guru bimbingan dan konseling selalu memberikan yang terbaik bagi terciptanya peserta didik untuk memahami konsep dirinya, guru bimbingan dan konseling memberikan layanan bimbingan dan konseling agar siswa-siswi mengetahui tentang konsep dirinya, seperti layanan konseling kelompok, layanan konseling individual. Kata Kunci : Guru Bimbingan dan konseling, Konsep Diri

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Aprilia, Sellysellyaprilia553@gmail.com
Sumarto, Sumartosumarto.pasca@iaincurup.ac.id
Febriansyah, Febriansyahfebriansyah@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 18 Aug 2023 10:04
Last Modified: 18 Aug 2023 10:04
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5294

Actions (login required)

View Item View Item