Peran pendidikan non formal dalam mningkatkan kemampuan baca tulis al-qur'an (Study Kasus Pada Taman Pendidikan Al-Quran di Kel. Jalan Baru Curup)

Ramadhani, Aditya Agata and Rahman, Abdul and Siswanto, Siswanto (2023) Peran pendidikan non formal dalam mningkatkan kemampuan baca tulis al-qur'an (Study Kasus Pada Taman Pendidikan Al-Quran di Kel. Jalan Baru Curup). Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
RADITYA_AGATA_SKRIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Peran pendidikan non formal dapat dikatakan sangat berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an pada anak didik. Salah satu lembaga pendidikan non formal yaitu TPA atau Taman Pendidikan Al-Qur’an yang befungsi agar anak mendapatkan pendidikan dan pembelajaran tentang agama islam diluar dari pendidikan formal yaitu sekolah, karena banyak dari sekolah tidak mengajarkan pendidikan agama islam secara maksimal dikarenakan keterbatasan waktu yang ada sedangkan banyak mata pelajaran yang harus diajarkan kepada peserta didik. Di saat inilah pendidikan non formal mengambil peranan, untuk membantu anak didik memahami materi yang belum dikuasai oleh anak didik, selain itu untuk membantu menambahkan ilmu agama islam yang belum lengkap diajarkan pada pendidikan formal. Peran ustadz disini sangat berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an di lembaga pendidikan non formal seperti TPA. Namun setiap peroses pembelajaran memiliki kendala yang dihadapi seperti kendala yang bersifat internal dan eksternal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, sumber data dalam penelitian ini adalah Ustadz dan anak didik di TPA Raudhatul Jannah. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan Penarikan Kesmpulan atau Verifikas. Hasil penelitian mengambarkan: Pertama dalam lembaga pendidikan non formal seperti taman pendidikan al-Qur’an (TPA) peran ustadz sangat berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Quran. Kedua kendala dalam pelaksaan pembelajaran membaca dan menulis Al-Qur’an di TPA Raudhtul Jannah yaitu terdapat kendala internal dan eksternal yang mempengaruhi pada kemampuan para peserta didik serta kemampuan ustadz dalam menyajikan materi secara maksimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ramadhani, Aditya AgataRadityagata4@gmal.com
Rahman, Abdulabdulrahman04071972@gmail.com
Siswanto, Siswantosis66505@gmail.com
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 18 Aug 2023 09:40
Last Modified: 18 Aug 2023 09:40
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5284

Actions (login required)

View Item View Item