Pengembangan Media Pembelajaran Wayang Tokoh Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Fiksi Kelas IV di Sd Negeri 25 Rejang Lebong

Hidayat, Syahrul and Zulaiha, Siti and Oktori, Agus Riyan (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Wayang Tokoh Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Fiksi Kelas IV di Sd Negeri 25 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
dvd skripsi syahrul.pdf

Download (3MB)

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WAYANG TOKOH PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI TEKS FIKSI KELAS IV DI SD NEGERI 25 REJANG LEBONG ABSTRAK Oleh: Syahrul Hidayat 19591233 Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di SD Negeri 25 Rejang Lebong, peneliti menemukan beberapa problem diantaranya adalah guru belum menggunakan media pembelajaran pada saat proses pengajaran terutama pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, guru masih terkesan monoton terhadap materi yang disampaikan sehingga lama kelamaan siswa merasa bosan dan konsentrasi menjadi mudah teralihkan karena siswa tidak tertarik dengan pembelajaran, sehingga siswa kurang berminat dalam pembelajaran menyimak cerita. Tujuan dari penelitian ini, sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran wayang tokoh mata pelajaran Bahasa Indonesia materi teks fiksi kelas IV Di SD Negeri 25 Rejang Lebong 2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran wayang tokoh pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi teks fiksi kelas IV Di SD Negeri 25 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengambangan 4-D (Four D). Adapun langkah pengembangan yang dilakukan oleh peneliti adalah 1). Tahap pendefinisan (define), 2). Tahap perancangan (design), 3). Tahap pengembangan (developmen), dan 4). Tahap penyebaran (disseminate) dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket dengan skala Likert untuk respon. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media serta hasil uji coba tanggapan pendidik dan peserta didik. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan permasalahan yang ada di SD Negeri 25 Rejang Lebong, peneliti menghasilkan suatu produk berupa media wayang tokoh pada pembelajaran bahasa Indonesia Hasil penilaian dari ahli materi memperoleh persentase rata-rata 88,2% “sangat baik”. Hasil penilaian ahli media memperoleh persentase rata-rata 96,4% “sangat baik”. Hasil validasi dengan praktisi pendidikan memperoleh persentase rata-rata 93,3% “sangat baik”. Hasil deskripsi penilaian dari respon peserta didik memperoleh persentase rata-rata 86,6% “sangat baik”. Adapun hasil uji coba pretest dan posttest memperoleh hasil presentase yaitu 86,79% “sangat baik”. Berdasarkan hasil uraian di atas maka produk yang dikembangkan oleh peneliti layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Adanya produk ini diharapkan dapat menjadikan pembelajaran yang lebih menyenangkan untuk peserta didik, sebagai tambahan media bagi pendidik dan untuk peneliti selanjutnya, diharapkan dapat lebih menyempurnakan media wayang kartun agar lebih edukatif serta inovatif. Kata Kunci: Media Wayang Tokoh, Pembelajaran Tematik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Hidayat, Syahrulhidayatsyahrul11juni2000@gmail.com
Zulaiha, Sitisitizulaiha@iaincurup.ac.id
Oktori, Agus Riyanagusriyanoktori@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 18 Aug 2023 08:19
Last Modified: 18 Aug 2023 08:19
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5280

Actions (login required)

View Item View Item