Analisis penerapan model pmbelajaran vct (value clarivicatioon technique) dalam pengembangan nilai karakter peserta didik kelas iii di sdn 18 rejang lebong

Adekotejayo, Dias and Warlizasusi, Jumira and Rahmat, Jamalludin (2023) Analisis penerapan model pmbelajaran vct (value clarivicatioon technique) dalam pengembangan nilai karakter peserta didik kelas iii di sdn 18 rejang lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
DIAS_ADEKOTEJAYO.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model VCT (Value Clarificaion Technique) dalam pengembangan nilai karakter peserta didik kelas III di SDN 18 Rejang Lebong. Penelitian ini dilatar belakangi Di SDN 18 Rejang Lebong kelas III masih terjadi bullying baik itu dilakukan secara kontak fisik maupun kontak verbal langsung misalnya seperti memukul, mengejek, julukan nama dan lain sebagainya. Itu disebabkan karena kurangnya nilai-nilai karakter yang dimiliki oleh siswa. Kurangnya pendidikan karakter bukan berarti tidak diajarkan penanaman nilai-nilai karakter di SDN 18 Rejang Lebong. Akan tetapi model pembelajaran yang masih kurang diterapkan serta kurangnya pendidikan nilai-nilai karakter yang ditanamkan pada diri siswa. Sehingga menyebabkan siswa masih memiliki karakter yang buruk. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kualitatif bersifat Deskriptif yang dilakukan di SDN 18 Rejang Lebong. Sumber data yang diperoleh berasal dari data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan juga penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa model VCT (Value Clarification Technique) sudah diterapkan semaksimal mungkin oleh guru di SDN 18 Rejang Lebong. Akan tetapi diterapkan dalam satu mata pelajaran yaitu PKN (Pendidikan Kewarganegaraan). Cara penerapanya menggunakan LCD Proyektor dengan langkah pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) yaitu kebebasan memilih, menghargai dan berbuat. Penerapan model VCT (Value Clarification Technique) dapat mengembangkan nilai karakter siswa. Hal ini dapat diuraikan pada nilai karakter religius, jujur, tanggung jawab, disiplin dan toleransi yang mengalami pengembangan setelah diterapkannya model VCT (Value Clarification Technique) pada kelas III di SDN 18 Rejang Lebong.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Adekotejayo, Diasdiasade022@gmail.com
Warlizasusi, Jumirajumira.ifnaldi@gmail.com
Rahmat, Jamalludinjamalludinrahmat@iaincurup.co.id
Subjects: L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 18 Aug 2023 09:45
Last Modified: 18 Aug 2023 09:45
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5279

Actions (login required)

View Item View Item