Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter melalui program tahfidz di sd it rabbi radhiyya 01

Indriani, Peni and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Putra, Muksal Mina (2023) Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter melalui program tahfidz di sd it rabbi radhiyya 01. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI_PENI_INDRIANI_19591163_PGMI[1].pdf

Download (2MB)

Abstract

Program tahfidz al-Qur’an bisa diterapkan pada pendidikan formal di MI sebagai pendidikan paling dasar. Sehingga siswa tidak hanya bisa membaca dan menghafal al�Qur’an. Namun, menjadi pribadi yang berkualitas dalam segala perilakunya. Sehingga jiwa al-Qur’an benar-benar tertanam pada siswa. Karena siswa tidak cukup jika hanya berbekal pada kegiatan intrakurikuler. Akan tetapi harus ditunjang dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler atau program lain dalam rangka pembentukan karakter, potensi dan bakat siswa. Program tahfidz Al-Qur’an tidak hanya mengajarkan siswa untuk membaca dan menghafal Al-Qur’an saja, namun mengajarkan siswa untuk senantiasa menjaga sikap dan tingkah lakunya sesuai dengan nilai dan ajaran dalam Al-Qur’an yang menjadi kebutuhan mendasar siswa saat ini mengembangkan nilai-nilai pendidikan karakter supaya dalam perilakunya juga melekat dalam cinta al-Qur’an. Oleh karena itu, program tahfidz Al-Qur’an dapat menjadi alternatif sekolah dalam rangka memaksimalkan penguatan karakter di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, sumber data dalam penelitian ini adalah guru tahfidz, wali kelas, serta peserta didik kelas 4 di SD IT Rabbi Radhiyyah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menggambarkan: Pertama, Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam program tahfidz di SD IT Rabbi Radhiyyah 01 yaitu tanggung jawab, mandiri, disiplin, bersahabat dan komunikatif, semangat dan kerja keras, peduli sosial, serta menghargai prestasi yang dicapai anak didik. Kedua, penanaman nilai-nilai pendidikan karakter dalam program tahfidz yaitu dengan menerapkan metode kedisiplinan, pembiasaan, motivasi, dan penghargaan serta hukuman, hal ini dilakukan untuk membentuk pertumbuhan karakter anak yang baik dan positif serta menjadikan anak berakhlaqul karima

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Indriani, Penipeniindriani@gmail.com
Hamengkubuwono, Hamengkubuwonohamengku7@gmail.com
Putra, Muksal Minamuksalminaputra@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 18 Aug 2023 09:46
Last Modified: 18 Aug 2023 09:46
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5274

Actions (login required)

View Item View Item