Pembentukan Karakter Pada Proses Pembelajaran Kurikulum Merdeka Pada Siswa Kelas 4 Sd N 77rejang Lebong

Susanti, Lingga and Zulaiha, Siti and Amrillah, H.M Taufik (2023) Pembentukan Karakter Pada Proses Pembelajaran Kurikulum Merdeka Pada Siswa Kelas 4 Sd N 77rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
LINGGA SUSANTI 19591132.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi dengan perubahan kurikulum yaitu kurikulum merdeka yang mengungsung sedikit perbedaan dengan kurikulum sebelumnya dalam membentuk pendidikan karakter. Adapun tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Pembentukan karakter pada pembelajaran kurikulum merdeka di kelas IV SDN 77 Rejang Lebong 2) faktor pendukung dan penghambat pembentukan karakter pada pembelajaran kurikulum merdeka di kelas IV SDN 77 Rejang Lebong 3) upaya yang dilakukan sekolah untuk mengatasi hambatan yang muncul dalam pembentukan karakter pada pembelajaran kurikulum merdeka di kelas IV SDN 77 Rejang Lebong. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yang dipilih adalah kepala sekolah, guru kelas IV, sumber data primer berupa dari data hasil wawancara dari kepala sekolah dan guru kelas IV sedangkan sekunder dari buku dan jurnal. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik pengumpulan data yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Sedangkan tiangulasi data dengan sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pembentukan karakter pada pembelajaran kurikulum merdeka di kelas IV SDN 77 Rejang Lebong Pertama, membentuk karakter beriman dengan memberikan pemahaman mengenai keimanan/ keyakinan, pembiasaan mengucapkan salam, membaca bismillah sebelum makan dan menceritakan keteladan mereka. Kedua, dalam memberuk akhlak yag mulia akhlak Mulia dengan pemahaman, membiasakan mematuhi aturan sekolah dan meneladai. Ketiga, Berkebinekaan global yaitu memberikan pemahaman, pembiasaan dan meneladani pancasila, tidak mencela atau membuli. Keempat, bergotong royong: guru menjelaskan dan membiasakan bekerja kelompok, kerja sama “projek”. Kelima, mandiri dalam menyelesaikan tugas sekolah. Keenam, bernalar kritis yaitu memberikan pemahaman, membiasakan dan menunjukan keteladanan, tidak berbohong. Ketujuh, memberikan pemaham dan membiasakan anak untuk bekerja untuk menuntukan kreativitasnya baik dalam akademik, olah raga, maupun seni. 2) Faktor pendukung pembentukan karakter pada pembelajaran kurikulum merdeka di kelas IV SDN 77 Rejang Lebong ialah kepala sekolah, guru, wali murid dan guru-guru disekolah mendukung kegiatan yang diadakan dan penghambat seperti sedikitnya jam pembelajaran, tidak dapat berlangsung dengan baik pembinaan. 3)Upaya yang dilakukan sekolah untuk mengatasi hambatan yaitu sosialisasi saat apel, melibatkan gugus melalui MGMP/KKG.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Susanti, Linggalinggasusanti2512@gmail.com
Zulaiha, Sitilayesfakh0515@gmail.com
Amrillah, H.M Taufiktaufikamrillah@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 31 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2023 08:01
Last Modified: 18 Aug 2023 08:01
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5267

Actions (login required)

View Item View Item