Analisis Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di Mis Guppi No 13 Tasikmalaya Rejang Lebong

Hartati, Rensi and Khair, Ummul and Hartati, Meri (2023) Analisis Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di Mis Guppi No 13 Tasikmalaya Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
RENSI HARTATI. 19591176. PGMI..pdf

Download (3MB)

Abstract

Analisis Pelaksanaan GLS (Gerakan Literasi Sekolah) sudah berjalan sekitar 5 tahun yaitu semenjak tahun 2018, kegiatan ini dilakukan sebelum melakukan kegiatan pembelajaran dan disela-sela kegiatan pembelajaran. Masalah yang ada disekolah ini adalah tentang minat baca siswa kelas 1 yang masih kurang. Tujuan gerakan literasi sekolah yaitu menumbuhkan minat baca dan memperkaya kosa kata. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yaitu data yang di dapatkan berbentuk deskripsi bukan angka. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, 1 orang guru kelas, dan 10 orang siswa. Metode yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data (Reduction), penyajian data (Display), dan penarikan kesimpukan( Verification). Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Analisis Pelaksanaan Gerakan Literasi di MIS GUPPI No. 13 Tasikmalaya sudah berjalan dengan baik karena dilaksanakan berdasarkan tahap pembiasaan, tahap pengembangan dan tahap pelaksanaan. Pada tahap pembiasaan yaitu membaca 15 menit, pada tahap pengembangan menggunakan media yang menarik dan pada pelaksanaanya di dukung oleh saran dan prasarana.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Hartati, Rensirensihartati2020@gmail.com
Khair, Ummulummulkhair1213@gmail.com
Hartati, Merimerryhartati8055@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 18 Aug 2023 07:33
Last Modified: 18 Aug 2023 07:33
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5266

Actions (login required)

View Item View Item