Khotimah, Ulfa Khusnul and Zulaiha, Siti and Amrillah, H.M Taufik (2023) Strategi Guru Dalam Menguatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa di Kelas V SD Negeri I Air Deras Kabupaten Musi Rawas. Sarjana thesis, Institute Agama Islam Negeri Curup.
Text
ULFA KHUSNUL KHOTIMAH 19591241.pdf Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini, terindentifikasi dari rendahnya pasrtisipasi siswa disaat proses pebelajaran berlangsung sehingga berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa. Sehubungan dengan ini, maka diperlukan strategi yang harus dilakukan oleh guru dalam memperbaiki pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk: 1) mengetahui strategi guru dalam menguatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa di kelas V SD Negeri 1 Air Deras Kabupaten Musi Rawas, 2) mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung dalam menguatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa di kelas V SD Negeri 1 Air Deras Kabupaten Musi Rawas, 3) mengetahui upaya dalam mengatasi faktor penghambat dalam menguatkan kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa di kelas V SD Negeri 1 Air Deras Kabupaten Musi Rawas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi teknik, dan sumber. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) strategi dalam menguatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa di kelas V SD Negeri 1 Air Deras Kabupaten Musi Rawas yaitu menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, menngunakan pendekatan saintifik, dan menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif. 2) faktor penghmbat dan pendukung dalam menguatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa di kelas V SD Negeri 1 Air Deras Kabupaten Musi Rawas, faktor penghambat yakni; kurangnya kepercayaan diri siswa, guru yang kurang efesien. Sedangkan faktor pendukung; siswa memiliki sifat optimis, rasa ingin tahu yang tinggi, mtivasi belajar yang baik, lingkungan yang kondusif, ramah, dan totaliter, serta penggunaan kurikulum 2013. 3) upaya dalam mengatasi faktor penghambat dalam menguatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa di kelas V SD Negeri 1 Air Deras Kabupaten Musi Rawas, yakni guru bertindak sebagai fasilitator, motivator, dan pembimbing, serta memperbaiki fasilitas sekolah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Users 33 not found. | ||||||||
Date Deposited: | 18 Aug 2023 07:59 | ||||||||
Last Modified: | 18 Aug 2023 07:59 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5262 |
Actions (login required)
View Item |