Pengaruh Penggunaan Pojok Baca Terhadap Minat Baca Siswa Mis Nurul Kamal Karang Jaya

Putra, Tri Sanjaya and Baryanto, Baryanto and Fransiska, Jenny (2023) Pengaruh Penggunaan Pojok Baca Terhadap Minat Baca Siswa Mis Nurul Kamal Karang Jaya. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI TRI SANJAYA PUTRA 19591240.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Penggunaan Pojok Baca Terhadap Minat Baca Siswa MIS Nurul Kamal Karang Jaya Oleh: Tri Sanjaya Putra NIM. 19591240 Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Pojo Baca terhadap minat baca siswa di MIS Nurul Kamal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: Bagaimana pengaruh penggunaan pojok baca terhadap minat baca siswa di MIS nurul kamal, manfaat dalam penelitian ini adalah sebagai bahan refrensi maupun literasai yang akan di teliti selanjutnya. Metodologi dalam penelitian ini merupakan kuantitatif sampel penelitian adalah siswa kelas III-VI yang berjumlah 40 siswa. Dan metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan angket, serta teknik analisis data menggunakan uji valditas, raeabilitas, normalitas, homogenitas, linieritas. Kemudian untuk mengetahui pengaruhnya dilakukan uji hipotesis dengan regreasi linier sederhana, koefisen korelasi, korelasi product moment, dan koefisien determinasi (R2 ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pojok baca berpengaruh terhadap minat baca siswa MIS Nurul Kamal Karang Jaya. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai yang terukur yaitu dengan uji regresi linier sederhana berdasarkan hasil nilai signifikansi 0,00 < 0,05 dan persentase ditetapkan sebesar 41,5%. Hal ini juga ditunjukkan dengan nilai uji korelasi yang memberikan nilai rhitung sebesar 0,644. Dari variabel tersebut dari sini dapat didevinisikan bahwa variabel X mempengaruhi variabel Y, terdapat korelasi atau hubungan yang kuat sebesar 0,644. Uji hipotesis juga dilakukan dengan N = 40, kemudian df = 40 - 2 = 38, dan taraf signifikansi 5% dengan Ftabel (4.10). Pengolahan data pada tabel Anava menghasilkan nilai Fhitung (29,412). Dapat disimpulkan bahwa Fhitung (29,4412) > Ftabel (4,10), dalam hal ini Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dilihat bahwa variabel X (penggunaan pojok baca) berpengaruh terhadap variabel Y (minat baca ). Kata kunci: Penggunaan pojok baca, minat baca

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Putra, Tri Sanjayatrisanjaya103@gmail.com
Baryanto, Baryantobaryanto@iaincurup.ac.id
Fransiska, Jennyjennyfransiska@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 18 Aug 2023 07:26
Last Modified: 18 Aug 2023 07:26
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5256

Actions (login required)

View Item View Item