Problematika Guru Dalam Membangun Karakter Siswa Yang Hiperaktif di Sdn 11 Rejang Lebong

Shalsabilla, Aulia and Ratnawati, Ratnawati and Putrajaya, Guntur (2023) Problematika Guru Dalam Membangun Karakter Siswa Yang Hiperaktif di Sdn 11 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
AULIA SHALSABILLA (19591024) PGMI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya atau dijumpai anak yang berperilaku tidak selaras dengan norma-norma atauran-aturan yang ditetapkan oleh lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat di SDN 11 Rejang Lebong. Tingkah laku yang menyimpang dengan norma, merujuk pada menganggu temannya yang berada pada lingkugannya. Siswa hiperaktif adalah gangguan tingkah laku yang tidak normal yang disebabkan disfungsi neurologia dengan gejala utama tidak mampu memusatkan perhatian. Penelitan ini berfungsi sebagai sarana guru mengidentifikasi serta melakukan pendekatan terhadap anak hiperaktif untuk mengetahui dengan jelas apa yang dialami oleh anak. Selain itu penelitian ini juga berfungsi sebagai sarana guru untuk memecahkan masalah dalam membangun karakter siswa yang hiperaktif, mengingat keterbatasan pemahaman serta sarana prasarana yang tersedia, dan juga respon anak yag kurang. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian Kualitatif. Sumber data yaitu data primer dan sekunder dengan subjek utama adalah guru atau wali kelas satu sampai enam (1-6) SDN 11 Rejang Lebong. Lokasi penelitian adalah di SDN 11 Rejang Lebong, Kelurahan Air Putih Baru, Kecamatan Curup Selatan, Kabupaten Rejang lebong. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dan dianalisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian, pertama : Problematika guru dalam membangun karakter siswa yang hiperaktif di SDN 11 Rejang Lebong adalah kesulitan dalam mempertahankan perhatian siswa, kesulitan dalam memberikan intruksi kepada siswa, tingkat energi siswa yang tinggi, kurangnya respon siswa, kesulitan dalam mengendalikan dan mengontrol emosional siswa. Kedua : Upaya guru dalam mengatasi problematika dalam membangun karakter siswa yang hiperaktif di SDN 11 Rejang Lebong adalah melibatkan orang tua, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, menerapkan ruinitas harian yang konsisten, pemberian arahan yang jelas, menyediakan waktu ist irahat ketika bela jar, penyampaian materi yang beragam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Shalsabilla, Auliaauliasalsabilla577@gmail.com
Ratnawati, Ratnawatiratnawati@iaincurup.ac.id
Putrajaya, Gunturgunturcikaman@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 18 Aug 2023 08:03
Last Modified: 18 Aug 2023 08:03
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5211

Actions (login required)

View Item View Item