Riani, Deni and Botifar, Maria and Iskandar, Zelvi (2023) Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif Melalui Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 2 Tanjung Agung (Muratara). Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
DENI RIANI.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang peningkatan hasil Kemampuan Membaca Intensif Melalui Model Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Sd Negeri 2 Tanjung Agung (Muratara). Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca intensif siswa melalui model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian ini mencakup 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pelaksanaan penelitian dimulai dari Juni 2023 sampai dengan Juli 2023 dengan subjek penelitian sebanyak 18 siswa, sedangkan data didapatkan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan membaca intensif siswa yang didapat melaui tes membaca intensif yang diberikan yaitu pada tahap awal diperoleh hasil ketuntasan belajar secara klasikal 27,7 % dengan rata-rata nilai kelas 57,2, dan pada siklus I sebesar 66,6 % secara klasikal dengan rata-rata 69,4, sedangkan pada siklus II sebesar 88,8 % secara klasikal dengan rata-rata 85,5. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat peneliti simpulkan bahwa pembelajaran yang menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan membaca intensif siswa SD.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun1 akun1 | ||||||||
Date Deposited: | 18 Aug 2023 01:37 | ||||||||
Last Modified: | 18 Aug 2023 01:37 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5192 |
Actions (login required)
View Item |