Septia, Santri and Susilawati, Susilawati and Amrillah, Taufik (2001) Nilai-Nilai Pendidikan Pada Film Animasi Omar Dan Hana Dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Akidah Akhlak Di Sdit Rabbi Radhiyya 01 Sidorejo Curup. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
SKRIPSI SANTRI SEPTIA.pdf Download (2MB) |
Abstract
NILAI-NILAI PENDIDIKAN PADA FILM ANIMASI OMAR DAN HANA DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI SDIT RABBI RADHIYYA 01 SIDOREJO CURUP ABSTRAK SANTRI SEPTIA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Nilai-nilai pendidikan sosial dan agama yang terdapat pada Film Animasi Omar dan Hana, Pembelajaran akidah akhlak tentang nilai-nilai pendidikan sosial dan agama di SDIT Rabbi Radhiyya 01 Sidoarjo Curup dan relevansi Film Animasi Omar dan Hana terhadap pembelajaran akidah akhlak bab IV indahnya berprilaku amanah (sosial) dan bab V indahnya berprilaku terpuji (agama). Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan sosial dan agama yang terdapat pada film animasi Omar dan hana serta mengetahui pembelajaran akidah akhlak tentang nilai-nilai pendidikan sosial dan agama di SDIT Rabbi Radhiyya 01 Sidorejo Curup dan mengetahui relevansi Film Animasi Omar dan Hana terhadap pembelajaran Akidah Akhlak bab IV indahnya berprilaku amanah (sosial) dan bab V indahnya berprilaku terpuji (agama) di SDIT Rabbi Radhiyya 01 Sidorejo Curup. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu Kepala sekolah, wali kelas IV dan guru bidang studi akidah akhlak kelas IV. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, menggunakan triangulasi sumber dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini memperoleh kesimpulan Nilai-nilai Pendidikan Sosial dan Agama Yang Terdapat Pada Film Animasi Omar Dan Hana yaitu akhlak kepada allah tentang agama, akhlak kepada sesama tentang sosial, teladan yang baik tentang agama, tanggung jawab tentang sosial dan akhlak terhadap lingkungan tentang sosial. Kedua Pembelajaran akidah akhlak tentang nilai-nilai pendidikan sosial dan agama di kelas IV Sdit Rabby Radhiyya adalah pembelajaran yang menanamkan nilai-nilai keyakinan yang kuat kepada Allah SWT. Dan Relevansi Film Animasi Omar dan Hana terhadap pembelajaran akidah akhlak di kelas IV Anak-anak belajar dan diajarkan nilai-nilai sosial dan agama hanya saja cara penyampaiannya berbeda dengan Film Animasi Omar dan Hana, akan tetapi keduanya sama-sama memiliki nilai-nilai sosial dan agama. Kata kunci: Nilai-nilai Pendidikan, Film Omar dan Hana, Akidah Akhlak
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun1 akun1 | ||||||||
Date Deposited: | 18 Aug 2023 02:58 | ||||||||
Last Modified: | 18 Aug 2023 03:12 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5181 |
Actions (login required)
View Item |