Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai Toleransi Antara Umat Beragama di Sdn 18 Rejang Lebong

Safitri Meliantari, Tiara and Karolina, Asri and Daheri, Mirzon (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai Toleransi Antara Umat Beragama di Sdn 18 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Skripsi Tiara Meliantari.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama dalam menanamkan nilai-nilai toleransi umat beragama di SDN 18 Rejang Lebong, sikap toletansi antara umat beragama siswa di SDN 18 Rejang Lebong, dan faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan nilai-nilai toleransi umat beragama antar siswa di SDN 18 Rejang Lebong. Jenis penelitian Difokuskan pada Upaya guru pendidikan agama islam untuk menanamkan nilai-nilai toleransi antara sesama siswa di SDN 18 Rejang Lebong. penelitian ini berusaha untuk digunakan sebagai rujukan pada penelitian berikutnya yang relevan dengan judul pada penelitian ini. Dan Menambah wawasan tentang Pendidikan Agama Islam terutama pada bidang akhlakul karimah Hasil penelitian ini membuktikan bahwa: 1) Peran Guru Pendidikan Agama dalam menanamkan nilai toleransi antar umat beragama siswa di SDN 18 Rejang Lebong Kab, Curup Selatan melalui dua kegiatan yaitu kegiatan pembelajaran agama di kelas dan kegiatan pembelajaran di luar kelas. Kegiatan pembelajaran di kelas dilakukan dengan cara menanamkan nilai-nilai toleransi secara teoritis, sedangkan kegiatan pembelajaran di luar kelas, guru agama memberikan teladan dalam kehidupan berbeda agama seperti bekerja sama dan sikap saling membentu antara warga sekolah SDN 18 Rejang Lebong tanpa memandang latar belakang agama yang berbeda. 2) Sikap toleransi umat beragama antar siswa di SDN 18 Rejang Lebong dapat disimpulkan bahawa siswa(i) muslim memberi respon positif kepada siswa yang beragama lain, seperti memberi dan berbagi makanan, berbagi ilmu, kerja kelompok bahkan bertukar pikiran tentang masing-masing agama yang di anut. Para siswa tidak mempermasalahkan jika mereka berteman maupun bersahabat dengan temannya yang berbeda agama. 3) Faktor pendukung dan penghambat nilai toleransi antara umat beragama antar siswa di SDN 18 Rejang Lebong , yakni adanya materi pembelajaran agama di kelas dan sikap teladan dari guru-guru dalam memberi contoh toleransi antar umat beragama. Demikian pula sikap siswa yang saling membantu dan bekerjasama tanpa memandang perbedaan agama. Sedangkan faktor penghambat hanya seputar perbedaan pendapat pada hal-hal dapat menyebabkan terjadinya konflik, namun selalu ada cara baik guru maupun siswa dalam memecahkan permasalahan tersebut, dengan memberikan pemahaman mengenai sikap toleransi dan saling meminta dan memberi maaf.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Safitri Meliantari, Tiaratiarameliantarisyafitri@gmail.com
Karolina, Asriasrikarolina@gmail.com
Daheri, Mirzonmirzondaheri@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 18 Aug 2023 03:10
Last Modified: 18 Aug 2023 03:10
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5175

Actions (login required)

View Item View Item