Herwanti, Chelsi and Zulaiha, Siti and Amrillah, H.M Taufik (2023) Implementasi Kurikulum Merdeka di Sdn 01 Kepahiang. Sarjana thesis, Institut Agama Negeri Islam Curup.
Text
SKRIPSI CHELSI HERWANTI (19591271).pdf Download (4MB) |
Abstract
Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN 01 Kepahiang telah berjalan secara bertahap pada pada kelas I dan IV. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1)Untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka di SDN 01 Kepahiang, 2)Untuk mengetahui kesiapan guru dalam implementasi kurikulum merdeka di SDN 01 Kepahiang, 3)Untuk mengetahui problematika dalam implementasi kurikulum merdeka di SDN 01 Kepahiang, 4)Untuk mengetahui upaya sekolah dalam mengatasi problematika kurikulum merdeka di SDN 01 Kepahiang. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriftif. Subjek penelitian ialah kepala sekolah, guru, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsaan data dilakukan dengan Triangulasi Teknik. Hasil dari penelitian ini bahwa di SDN 01 Kepahiang telah menerapkan kurikulum secara bertahap dan pada kurikulum ini guru hanya sebagai motivator untuk peserta didik, setelah itu ada beberapa kesiapan guru maupun sekolah, yaitu dengan menyiapkan sarana dan prasarana yang memadai dalam mengimplementasikan kurikulum ini, mengikuti KKG, menyiapkan Modul Ajar, serta mengikuti lokakarya yang diadakan oleh pemerintah. Adapun problem pada kurikulum ini yakni, kurangnya SDM, adanya guru yang gagap teknologi, kurangnya kesiapan guru, problematika dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pada pembelajaran. Cara mengatasi problematika tersebut salah satunya dengan mencari sumber di media sosial, mengikuti KKG,mengikuti pendampingan PMO, mengadakan les, membuat catatan penting, melakukann pretest, serta mengikuti pelatihan terkait Kurikulum Merdeka. Kesimpulan dari penelitian ini adalah SDN 01 Kepahiang telah menerapkan kurikulum merdeka. Kesimpulan ini berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian. Saran setelah penelitian selesai, semoga dapat meningkatkan kembali pemahaman tentang Kurikulum Merdeka, sehingga dalam proses pembelajaran dapat berjalan dengan kurikulum yang sedang diberlakukan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) L Education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun8 akun8 | ||||||||
Date Deposited: | 18 Aug 2023 07:43 | ||||||||
Last Modified: | 18 Aug 2023 07:43 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5174 |
Actions (login required)
View Item |