Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Ahlak Siswa di Mts Baitul Makmur Rejang Lebong

Ardiyani, Selviana and Fadila, Fadila and Sumarto, Sumarto (2023) Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Ahlak Siswa di Mts Baitul Makmur Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN AHLAK SISWA DI MTS BAITUL MAKMUR REJANG LEBONG.pdf

Download (3MB)

Abstract

Peran Pendidikan dianggap sangatlah penting terhadap pembentukan perilaku pada anak difase remaja ini, pendidikan memiliki peran penting dalam kemajuan dari bangsa dan negara yang harus diperhatikan dalam pembangunan nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran guru Bimbingan Konseling dalam meningkatkan ahlak siswa di MTS Baitul Makmur Rejang Lebong. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana guru Bimbingan Konseling memainkan perannya sebagai konselor dalam memberikan layanan konseling individu kepada siswa yang membutuhkan perhatian khusus dalam hal akhlak serta mengetahui tahapan-tahapan dalam pemberian layanan konseling dan untuk mengetahui apa saja yang menjadi hambatan dalam memberikan layanan konseling tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik analisis data yang diterapkan adalah deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen terkait bimbingan konseling oleh guru Bimbingan Konseling di sekolah. Subjek penelitian terdiri dari dua jenis informan diantaranya dari siswa dan guru Bimbingan Konseling serta Guru Akidah Akhlak sebagai data pendukung. Teknik keabsahan data melalui triangulasi sumber dengan membandingkan data dari berbagai sumber untuk menguji kredibilitas informasi. Triangulasi teknik juga digunakan dengan membandingkan data dari sumber yang sama namun menggunakan teknik berbeda. Waktu juga mempengaruhi kredibilitas data, diperhatikan dengan menggunakan berbagai teknik pengumpulan data pada waktu yang berbeda untuk meminimalkan pengaruh kondisi terhadap proses pengumpulan data. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru Bimbingan Konseling sangat penting dalam meningkatkan ahlak siswa di MTS Baitul Makmur. Guru Bimbingan Konseling berperan sebagai konselor yang memberikan layanan konseling individu kepada siswa. Dengan menggunakan beberapa pendekatan dan strategi serta melalui konseling individu, guru Bimbingan Konseling menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung di mana siswa dapat berbicara terbuka tentang permasalahan yang mereka hadapi dalam menjalankan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun upaya yang dilakukan oleh guru Bimbingan Konseling telah memberikan dampak positif pada perilaku siswa, masih terdapat beberapa hambatan yang perlu diatasi. Faktor penghambat tersebut meliputi kurangnya perhatian dari orangtua terhadap pendidikan agama dan moral anak-anak di rumah, kurangnya kesadaran dan motivasi siswa dalam mengembangkan dan menjalankan nilai-nilai agama, serta terbatasnya metode pengajaran agama yang menarik dan ketersediaan materi dan sumber daya yang relevan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ardiyani, Selvianaselfi.ardiyani@gmail.com
Fadila, Fadilafadila@iaincurup.ac.id
Sumarto, Sumartosumarto.manajemeno@gmail.com
Subjects: L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 18 Aug 2023 09:14
Last Modified: 18 Aug 2023 09:14
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5163

Actions (login required)

View Item View Item