Meningkatkan Pengetahuan Sains Melalui Pengetahuan Sains Melalui Pendekatan Eksplorasi Lingkungan Sekitar Aud Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Dwijaya Musi Rawas

Maisaroh, Dwi and Puspitasari, Rini and Mina Putra, Muksal (2023) Meningkatkan Pengetahuan Sains Melalui Pengetahuan Sains Melalui Pendekatan Eksplorasi Lingkungan Sekitar Aud Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Dwijaya Musi Rawas. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Skripsi Dwi Maisaroh 19511010.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pengetahuan sains anak di TK ABA Dwijaya Musirawas dalam pengetahuan sainsnya melalui metode atau pendekatan eksplorasi lingkungan sekitar sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan tindakan kelas dengan metode kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 11 orang anak. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif presentatif dan deskriptif aktivitas anak didik. Validitas data menggunakan validitas isi (content validity). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Eksplorasi Lingkungan Sekitar dapat meningkatkan pengetahuan sains anak didik terbukti dari kenyataan bahwa kondisi awal sebelum dilakukan tindakan, rata-rata presentase kemampuan sains anak sebesar 22,5%. Kemudian setelah dilakukan tindakan kelas siklus I melalui Eksplorasi Lingkungan Sekitar rata-rata presentase kemampuan sains anak meningkat menjadi 54%. Berikutnya pada siklus II rata-rata presentase kemampuan sains anak sudah mencapai target sesuai dengan yang diharapkan peneliti yaitu sebesar 95%. Kesesuaian penggunaan metode pembelajaran akan menentukan tercapainya tujuan pendidikan. Semua tujuan pendidikan yang ingin dicapai sudah tersusun dalam menjalankan tugasnya. Sedangkan cara menggunakan alat akan sangat bergantung pada kompetensi guru. Kemampuan guru dalam menghubungkan tujuan pendidikan dengan cara mencapainya tidak lepas dari tiga langkah penting. Tiga langkah penting itu yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penentuan metode pembelajaran terjadi pada tiga proses langkah penting tersebut. Penentuan metode eksplorasi lingkungan sekitar untuk meningkatkan pengetahuan sains adalah cara yang tepat dan terbukti berhasil dalam praktik Penelitian Tindakan Kelas di TK ABA Dwijaya Musirawas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Maisaroh, Dwidwiimaiisaroh@gmail.com
Puspitasari, Rinipuspitasaririni076@gmail.com
Mina Putra, Muksalmuksalminaputra@iaincurup.ac.id
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 18 Aug 2023 02:10
Last Modified: 18 Aug 2023 02:10
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5160

Actions (login required)

View Item View Item