Implementasi Program Pojok Baca Dalam Menumbuhkan Minat Membaca Siswa Kelas IV di SD Negeri 02 Rejang Lebong

Aprilia, Reza and Taqiyuddin, Muhammad and Oktori, Agus Riyan (2023) Implementasi Program Pojok Baca Dalam Menumbuhkan Minat Membaca Siswa Kelas IV di SD Negeri 02 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Skripsi REZA APRILIA.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI PROGRAM POJOK BACA DALAM MENUMBUHKAN MINAT MEMBACA SISWA KELAS IV DI SDN 02 REJANG LEBONG Oleh: REZA APRILIA NIM: 19591180 Budaya membaca sering kali menjadi tolak ukur dalam kemajuan suatu peradaban bangsa. Kemajuan peradaban tersebut ditentukan oleh kecerdasan dan pengetahuan sedangkan kecerdasaan dan pengetahuan dihasilkan oleh ilmu pengetahuan. Sementara itu, ilmu pengetahuan didapat dari informasi yang diperoleh secara lisan maupun tulisan. Apabila budaya membaca masyarakat tinggi maka diyakini akan mengantarkan suatu bangsa ke gerbang kemajuan, karena hal itu menandakan tingginya minat masyarakat terhadap ilmu pengetahuan, teknologi, inovasi serta memiliki nalar kritis. Melihat pentingnya membaca, SD Negeri 02 Rejang Lebong memfasilitasi peserta didik dengan memanfaatkan pojok baca yang digunakan untuk meletakan bahan bacaan di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dan merupakan jenis penelitian kualitatif. Peneliti melakukan penelitian lapangan dengan tujuan untuk terjun langsung kelapangan untuk mengetahui bagaimana implementasi program pojok bacayang ada di SDN 02 Rejang Lebong. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan pojok baca dalam menumbuhkan minat membaca siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Hasil penelitian tentang implementasi program pojok baca dalam menumbuhkan minat membaca siswa di SDN 02 Rejang Lebong adalah sebagai berikut: 1) Implementasi program pojok baca di SDN 02 Rejang lebong diwujudkan dengan beberapa cara diantaranya pembiasaan membaca 10-15 menit sebelum pembelajaran dimulai dengan buku yang ada di pojok baca agar dapat menumbuhkan minat membaca peserta didiknya 2) strategi yang meliputi pemilihan tempat yang sesuai, pemilihan buku, pemberian reward dan pembiasaan membaca 15 menit 3) Faktor pendukung meliputi ketersediaan tempat, bahan bacaan dan peran warga sekolah dan faktor penghambat meliputi sarana dan prasarana yang belum lengkap, rendahnya minat baca dan rendahnya perhatian dari orang tua. Kata Kunci : Implementasi, Pojok Baca, Minat Baca

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Aprilia, Rezarezaaprilia170@gmail.com
Taqiyuddin, Muhammadtaqiyuddin1402@gmail.com
Oktori, Agus Riyanagusriyanoktori@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BC Logic
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 18 Aug 2023 01:51
Last Modified: 18 Aug 2023 01:51
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5141

Actions (login required)

View Item View Item