Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Pop-Up Book Materi Bangun Ruang Kelas V Sdn 52 Rejang Lebong

Sukma, Sugeng Pranoto and Wahyuningsi, Wiwin Arbani and Irsal, Irni Latifa (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Pop-Up Book Materi Bangun Ruang Kelas V Sdn 52 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

This is the latest version of this item.

[img] Text
SKRIPSI BAB 1-5 Sugeng finaluuu.pdf

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS Pop-Up Book MATERI BANGUN RUANG KELAS V SDN 52 REJANG LEBONG SUGENG PRANOTO SUKMA NIM. 18591136 Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pop-up book, untuk menganalisis kelayakan media pembelajaran pop-up book yang dikembangkan, dan untuk mengetahui respon peserta didik dan tenaga pendidik terhadap media pembelajaran pop-up book yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Devlopment) dengan prosedural peneltian dan pengembangan dari Borg and Gall yang terdiri dari tahap potensi dan masalah dengan melakukan observasi, tahap pengumpulan data dengan melakukan kegiatan penelitian, mendesain produk, validasi desain, merevisi desain, uji coba produk, revisi produk dan uji coba pemakaian. Hasil analisis kebutuhan guru memperoleh sekor 98,60% dalam kategori “sangat dibutuhkan” dan siswa 92% dalam kategori “sangat dibutuhkan”. Media pembelajaran pop-up book didesain menggunakan kertas asturo pada halaman judul dan desain latar belakang untuk materi, dengan ukuran panjang 22 cm dan lebar 33 cm. Materi disusun serta dibentuk dengan cara melipat menjadi bentuk 3 (tiga) dimensi kemudian menempelkan disetiap halaman hingga tersusun menjadi sebuah buku yang menarik. Kelayakan terhadap media pembelajaran Pop-Up Book berdasarkan penilaian ahli media memperoleh persentase rata-rata sebesar 86,2% dan dikategorikan “sangat baik”, penilaian ahli materi memperoleh skor persentase rata-rata sebesar 89,9% dan dikategorikan “sangat baik”, penilaian ahli bahasa memperoleh skor persentase rata-rata sebesar 82% dikategorikan “sangat baik”. Teknik analisis dan penelitian menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data maka diperoleh bahwa produk media pembelajaran MateMatika berbasis Pop-Up Book materi bangun ruang sudah layak digunkan karena berada pada ktegori “Sangat Baik”. Tingkat pemahaman terhadap media Pop-Up Book diperoleh skor sebesar 66,04 berada dalam kategori “Efektif” dan respon guru dan siswa memperoleh persentase rata-rata sebesar 95% dikategorikan “sangat baik”. Respon peserta didik terhadap media pembelajaran Pop-Up Book yang dilakukan dengan uji coba lapangan di SD N 52 Rejang Lebong memperoleh persentase rata-rata sebesar 100%, dan uji coba lapangan di SD N 144 Rejang Lebong memperoleh persentase sebesar 100%. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran pop-up book mendapatkan respon baik dari peserta didik dan tenaga pendidik. Kata Kunci : Pengembangan Media Pop-Up Book, Media Pembelajaran

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sukma, Sugeng Pranotosugeng.psm@gmail.com
Wahyuningsi, Wiwin Arbaniwiwin721004@gmail.com
Irsal, Irni Latifairni.latifa@iaincurup.co.id
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 18 Aug 2023 02:20
Last Modified: 18 Aug 2023 02:20
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5140

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item