Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Buku Islamic Parenting Karya Syaikh Jamal Abdurrahman Pada Anak Sekolah Dasar

Mulyani, Dita Tri and kurniawan, kurniawan and putra, Muksal Mina (2023) Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Buku Islamic Parenting Karya Syaikh Jamal Abdurrahman Pada Anak Sekolah Dasar. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
dita tri mulyani.19591054.PGMI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Masalah pendidikan sering terjadi pada semua jenjang pendidikan, termasuk pada jenjang sekolah dasar. Kita sering melihat siswa yang memiliki akhlak kurang baik seperti berbohong pada guru, menyontek tugas temannya, kurang menghormati guru, berkata yang tidak sopan dan hal-hal buruk lainnya. Salah satu penyebab keterpurukan pola pikir dan krisis akhlak pada anak bangsa diakibatkan kurangnya inovasi pemilihan dan penentuan metode dalam pendidikan. Faktor lain yang mendukung kemerosotan akhak adalah kurangnya perhatian terhadap aspek rohani dan moral pada anak-anak. Dari masalah tersebut agar tidak terjadi penyimpangan dalam pendidikan akhlak anak, maka dilakukanlah analisis terhadap konsep pendidikan akhlak dalam buku Islamic Parenting karya Jamal Abdurrahman dan relevansinya dengan pendidikan karakter anak Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengungkapkan konsep pendidikan akhlak dalam buku Islamic Parenting karya Jamal Abdurrahman dan relevansinya dengan pendidikan karakter anak Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah library research atau penelitian kepustakaan dengan menggunakan metode content analysis (analisis isi). Data dalam penelitian ini adalah kutipan-kutipan dalam buku Islamic Parenting yang berkaitan dengan pendidikan akhlak. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku Islamic Parenting karya Jamal Abdurrahman. Hasil penelitian menunjukkan konsep pendidikan akhlak menurut Jamal Abdurrahman yaitu dapat dilihat dari materi pendidikan akhlak dan metode pendidikan akhlak. Materi pendidikan akhlak diantaranya akhlak kepada Allah, akhlak kepada diri sendiri, dan akhlak kepada orang lain. Metode pendidikan akhlak diantaranya keteladanan, pembiasaan, cerita/kisah, nasihat, perhatian dan pengawasan, dan hukuman. Terdapat 11 nilai karakter yang terdapat dalam konsep pendidikan akhlak menurut Jamal Abdurrahman dalam buku Islamic Parenting. Tetapi hanya ditemukan 10 nilai karakter yang relevan dengan mata pelajaran di Sekolah Dasar. Nilai karakter tersebut yaitu karakter religius, disiplin, mandiri, demokratis, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli sosial, tanggung jawab, dan toleransi. Dari 38 sub judul yang termasuk ke dalam materi pendidikan akhlak menurut Jamal Abdurrahman, terdapat 30 sub judul yang terdapat nilai pendidikan karakter dan memiliki relevansinya dengan materi pelajaran di SD.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Mulyani, Dita Triditatrimulyani55@gmail.com
kurniawan, kurniawankurniawaniaincurup@ac.id
putra, Muksal Minamuksalminaputra@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 18 Aug 2023 01:42
Last Modified: 18 Aug 2023 02:37
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5122

Actions (login required)

View Item View Item