Peran Guru Dalam Menumbuhkan Kemampuan Literasi Dasar Siswa Kelas Iii Di Sdn 72 Rejang Lebong

Anggi, Rapika and Warlizasusi, Jumira and Rahmat, Jamalludin (2023) Peran Guru Dalam Menumbuhkan Kemampuan Literasi Dasar Siswa Kelas Iii Di Sdn 72 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Rapika Anggi_PGMI_Repository.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya seorang peran dalam menumbuhkan kemampuan literasi dasar siswa. Guru kelas III sudah mendisipinkan kegiatan membaca sebelum pembelajaran dimulai di mana kegiatan tersebut dilakukan selama 5-10 menit materi non pelajaran baik literasi dasar mendengarkan, berbicara, menghitung, menulis dan membaca. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1)Kemampuan Literasi Dasar Siswa Kelas III di SDN 72 Rejang Lebong ada kemampuan membaca yakni sebanyak 5 siswa yang tidak lancar membaca, kemampuan menulis sebanyak 6 dari 22 siswa yang tidak lancar dan kemampuan berhitung ada 7 siswa dari 22 siswa yang tidak lancar dalam berhitung. 2) Peran Guru Dalam Menumbuhkan Kemampuan Literasi Dasar Siswa Kelas III Dalam Perencanaan Pembelajaran di SDN 72 Rejang Lebong. Guru sebagai motivator harus mampu memberikan rangsangan. Fasilitator, kegiatan pembelajaran yang baik maka dibutuhkan fasilitas yang memadai serta harus disediakan oleh pihak sekolah dari beberapa masukan guru. Guru sebagai peranccang maksudnya adalah guru merancang alat dan bahan serta media yang memungkinkan dalam mendukung aktivitas belajar baik membaca, menulis maupun berhitung. Guru merencanakan apa yang sesuai aktivitasnya pada literasi membaca, menulis dan berhitung, Guru Sebagai Pelaksana guru menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, mengarah kegiatan yang lebih menyenagan dan menjadi pemimpin dalam proses belajar mengajar. guru dituntut memiliki merumuskan alat tes yang valid dan reliable, lanjuti hasil evaluasi dengan baik dalam menumbuhkan kemampuan memabaca, menulis dan berhitung.Faktor Pendukung Dan Penghambat Guru Dalam Menumbuhkan Kemampuan Literasi Dasar Siswa Kelas III di SDN 72 Rejang Lebong. Faktor-faktor pendukung dalam Proses menumbuhkan kemampuan literasi dasar siswa yaitu faktor infastruktur, faktor bahan ajar sedangkan faktor-faktor penghambat yaitu faktor akademik dan faktor lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Anggi, Rapikaanggirapika@gmail.com
Warlizasusi, Jumirajumira.ifnaldi@gmail.com
Rahmat, Jamalludinjamalludinrahmat@iaincurup.co.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 18 Aug 2023 02:54
Last Modified: 18 Aug 2023 02:54
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5116

Actions (login required)

View Item View Item