Gaya Belajar siswa dalam proses pembelajaran ilmu pengetahuan alam di sekolah dasar negeri 04 Kepahiang

Marselina, Selly and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Taqiyuddin, Muhammad (2023) Gaya Belajar siswa dalam proses pembelajaran ilmu pengetahuan alam di sekolah dasar negeri 04 Kepahiang. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
FILE SKRIPSI FULL SELLY REAL.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK GAYA BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 04 KEPAHIANG Nama: Selly Marselina NIM: 19591205 Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan gaya belajar siswa di sekolah dasar negeri 04 kepahiang. Ketika proses pembelajaran berlangsung dalam kelas tinggi suasana belajar di dalam kelas kurang kondusif. Siswa di kelas tinggi selama proses belajar ada yang malas belajar dan kurang memperhatikan saat guru menjelaskan pada saat belajar dalam kelas tetapi dia bisa memahami apa yang disampaikan guru Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, serta metode dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriftif miles dan humbermen yang terdiri dari: reduksi data, peenyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan dari ketiga gaya belajar yang dimiliki siswa tersebut lebih menguatkan pada kesimpulan yaitu ada kecenderungan (dominasi) gaya belajar yang dimiliki tiap-tiap siswa, faktor-faktor yang mempengaruhii gaya belajar siswa dalam proses pelajaran IPA kelas VA yang mempengaruhi gaya belajar siswa yang dimiliki setiap siswa . Selanjutnya faktor-faktor yang mempengaruhi gaya belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V A SDN 04 kepahiang diantaranya : faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi gaya belajar siswa diantaranya: Faktor jasmaniyah dan faktor psikologis. Sedangkan faktor-faktor eksternal yaitu faktor penggunaan metode belajar oleh guru IPA(guru kelas), faktor suasana kelas yang kondusif dan faktor menggunakan pertanyaan tingkat rendah oleh guru pai dalam mengevaluasi siswa. Kata Kunci: Gaya belajar , Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Marselina, Sellymarselinaselly50@gmail.com
Hamengkubuwono, Hamengkubuwonohamengku7@gmail.com
Taqiyuddin, Muhammadtaqiyuddin1402@gmail.com
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 16 Aug 2023 07:33
Last Modified: 16 Aug 2023 07:33
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5114

Actions (login required)

View Item View Item