Nilai-Nilai Pendidikan Islam pada Kisah Nabi Musa dan Nabi Khidir dalam QS. Ayat 60-82 dan Relevansinya dengan Pendidikan Modern

Rahmah Pratiwi, Nadya and Fakhruddin, Fakhruddin and Idris, Muhammad (2023) Nilai-Nilai Pendidikan Islam pada Kisah Nabi Musa dan Nabi Khidir dalam QS. Ayat 60-82 dan Relevansinya dengan Pendidikan Modern. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
kaset nadya.pdf

Download (2MB)

Abstract

Islam adalah agama yang lengkap dalam mengatur kehidupan manusia. Allah SWT mengutus rasulnya. Muhammad SAW, untuk mengajarkan kepada manusia, tentang agamanya, Islam sebagai agama yang lengkap, mengajarkan kepada manusia, empat aspek yaitu: Aqidah, ibadah, muamalah, dan akhlak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Kisah Nabi Musa dan Nabi Khidir dalam QS. Al-Kahfi ayat 60-82. Nilai-nilai apa saja yang terkandung pada kisah nabi musa dan khidir ini. Relevansinya dengan pendidikan modern. Tujuan penelitian ini dalam mengenali isi kandungan nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat pada kisah Nabi Musa dan Nabi Khidir dalam QS. Al-Kahfi ayat 60-82. Adapun yang diharapkan adalah memberi kontribusi tentang penentuan sikap-sikap yang harus dimiliki manusia, dan memberikan manfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam pendidikan Islam; bahwa kisah yang terdapat dalam QS. Al-Kahfi ayat 60-82 yaitu pembocoran perahu, membunuh anak kecil, dan menegakkan dinding yang hampir roboh. Dapat memberikan pelajaran yang penting bagi kehidupan manusia, dan diharapkan untuk menarik minat baca dan sekaligus telaah pada kisah-kisah yang lain yang ada dalam Al-Qur’an. Penelitian ini digolongkan dalam penelitian kepustakaan (Library reseach) dan telaah dokumen, data yang digunakan terdiri dari primer dan sekunder. Teknik analisis data yang digunakan peneliti ini adalah conten analysis (kajian isi) dengan deskripsif kualitatif. Dengan penelitian dalam Al-Qur’an surah Al-Kahfi ayat 60-82 tersebut peneliti memperoleh beberapa kesimpulan atau hasil yaitu, adanya : 1. Nilai pendidikan aqidah,yaitu Ridha dengan ketetapan Allah swt. 2. Nilai pendidikan Ibadah, juga yang ditunjukkan oleh Nabi Musa yang kemudian langsung ingin mencari ilmu kepada Nabi Khidir 3. Nilai pendidikan Muamalah, yang diperlihatkan oleh kedua Nabi yaitu Nabi Khidir dan Nabi Musa tentang kontrak belajar 4. Nilai pendidikan Akhlak, yaitu Akhlak kepada guru salah satunya tidak bertanya sebelum dijelaskan dan akhlak kepada murid salah satunya menjadi teladan yang baik. Kata kunci: Nilai, Pendidikan Islam dan Modern, QS. Al-kahfi Ayat 60-82

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Rahmah Pratiwi, Nadyanadyarpratiwi8@gmail.com
Fakhruddin, Fakhruddinfakhruddin@iaincurup.ac
Idris, Muhammadidrismuhammad@iaincurup.co.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 18 Aug 2023 03:30
Last Modified: 18 Aug 2023 03:30
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5113

Actions (login required)

View Item View Item