Analisis Penggunaan Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Smpn 05 Lebong

Agustion, Abel Lardo and Fakhruddin, Fakhruddin and Cikdin, Cikdin (2023) Analisis Penggunaan Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Smpn 05 Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI ABEL LARDO AGUSTION 19531001 PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (3MB)

Abstract

ANALISIS PENGGUNAAN GAME ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 05 LEBONG Oleh: Abel Lardo Agustion (19531001) ABSTRAK Seiring dengan perkembangan zaman dan pesatnya perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi antar manusia dapat dilakukan dengan berbagai alat atau sarana, salah satunya sarana untuk penyegaran, seperti game Online, game online sangat berkembang pesat akhir-akhir ini, semakin lama, permainanya semakin seru dan menyenangkan. Mulai dari tampilan, gaya bermain, grafis permainan, resolusi gambar dan sebagainya. Tak juga kalah bervariasi tipe permainan seperti petualangan, perang, perkelahian dan game online jenis lainya yang membuat menariknya permainan. Semakin menarik suatu game maka semakin banyak orang yang memainkan game online tersebut. Penelitian ini menggunakan Metode Deskriptif, Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer dan sukender, data primer yang dimaksud meliputi, Kepala Sekolah, guru PAI kelas VIII, dan Peserta didik kelas VIII. data sekunder adalah data yang diperoleh secara tidak langsung dari sumbernya, akan di dapatkan melalui dokumen, jurnal, dan buku. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi Berdasarkan pengamatan serta analisa yang dilakukan, maka diperoleh kesimpulan bahwa analisis penggunaan game online terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 05 Lebong, yang mana penggunaan game online di SMPN 05 Lebong terbilang sudah sangat tinggi, sesuai dengan data yang diperoleh langsung di lapangan. apalagi semua siswa sekarang sudah mengenal game online, khususnya laki-laki, bahkan tidak sedikit siswa laki-laki di SMPN 05 Lebong ini sudah memainkan nya, bahkan ada yang sudah kecanduan, tapi sayangnya game online yang dimainkan siswa tidak efektif, mereka tidak tau waktu yang tepat untuk memainkanya, serta minat belajar belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 05 Lebong setelah mengenal game online terbilang menurun drastis karena guru PAI disana lebih banyak memberikan hafalan-hafalan dibandingkan materi. Jadi siswa di SMPN 05 Lebong sering mengeluh dan juga karena sudah kecanduan bermain game jadi game mendominasi pikiran, perasaan dan tingkah laku mereka. Jadi otak mereka tidak bisa merespon lagi, sesuai dengan pengamatan langsung di lapangan dan data-data yang terkumpul bahwasan nya kalau minat belajar PAI menurun drastis setelah mengenal game online Kata Kunci: Game online, minat belajar, pendidikan agama islam

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Agustion, Abel Lardoardoabel132@gmail.com
Fakhruddin, Fakhruddinfakhruddin@iaincurup.ac
Cikdin, Cikdincikdinnnn12@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 16 Aug 2023 08:17
Last Modified: 16 Aug 2023 08:17
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5112

Actions (login required)

View Item View Item