Deanita, Puput and Masudi, Masudi and Ristianti, Dina Hajja (2023) Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Kelas V Dalam Menghafal Surah Pendek di SDN 98 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
Puput Deanita 16531128.pdf Download (1MB) |
Abstract
FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS V DALAM MENGHAFAL SURAH PENDEK DI SD N 98 REJANG LEBONG Abstrak Kegiatan belajar mengajar di kelas V tingkat Sekolah Dasar terdapat salah satu capaian pembelajaran dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah siswa mampu melafalkan, menulis, menyebutkan isi pokok kandungan dan menghafalkan surat pendek dalam Al-Qur’an. Kenyataan di lapangan, saat penulis melakukan observasi awal di SD N 98 Rejang Lebong ditemukan bahwa masih banyak siswa yang belum bisa melafalkan, menulis, menyebutkan isi pokok kandungan dan menghafalkan surat pendek dalam Al-Qur’an yang ditugaskan oleh guru kepada siswanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan siswa kelas V sulit dalam menghafalkan surah pendek di SD N 98 Rejang Lebong. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini data primer diperoleh dari wawancara yang dilakukan dengan guru, siswa, dan orang tua siswa SD N 98 Rejang Lebong, data sekunder diperoleh dari data yang sudah ada di SD N 98 Rejang Lebong berupa sejarah instansi, profil instansi, struktur organisasi, dan lain sbagainya. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa menghafal surah pendek menjadi sebuah tantangan bagi siswa kelas V di SD Negeri 98 Rejang Lebong. Beberapa faktor yang menyebabkan kesulitan tersebut antara lain rendahnya minat dan motivasi siswa, kurangnya konsistensi dalam belajar, pengaruh gadget dan kecenderungan bermain, kurangnya pemahaman tajwid, kesulitan membaca Al-Quran, serta kurangnya dukungan dan bimbingan di rumah. Dengan kolaborasi yang baik antara guru, orang tua, dan siswa, diharapkan siswa kelas V di SD Negeri 98 Rejang Lebong dapat mengatasi kesulitan dalam menghafal surah pendek. Motivasi yang tinggi, pemahaman tajwid yang baik, kesadaran akan pentingnya Al-Quran, dan dukungan yang konsisten akan membantu siswa mengembangkan kemampuan menghafal dengan lebih baik. Kata Kunci : Kesulitan Belajar Siswa, Menghafal Surah Pendek
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun7 akun7 | ||||||||
Date Deposited: | 21 Aug 2023 07:41 | ||||||||
Last Modified: | 21 Aug 2023 07:41 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5111 |
Actions (login required)
View Item |