Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V di Mi Guppi 13 Tasik Malaya

Mutiya, Khoiru and Zulaiha, Siti and Amrillah, H.M Taufik (2023) Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V di Mi Guppi 13 Tasik Malaya. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI_KHOIRU_MUTIYA_19591116[3].pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi peran orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V di MI Guppi 13 Tasik Malaya. Permasalahan yang sering terjadi adalah kurangnya peran orang tua dalam mendidik anak ketika belajar di rumah dan masih ada siswa yang belum mencapai nilai KKM (Kreteria Ketuntasan Minimal) dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu: untuk mengetahui prestasi belajar secara kognitif pada siswa kelas V di MI Guppi 13 Tasik Malaya, untuk mengetahui peran orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V di MI Guppi 13 Tasik Malaya, untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi peran orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V di MI Guppi 13 Tasik Malaya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah MI Guppi 13 Tasik Malaya, guru kelas V MI Guppi 13 Tasik Malaya, orang tua siswa dan siswa-siswi kelas V MI Guppi 13 Tasik Malaya. Adapun, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data serta uji kredibilitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik (metode). Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu: Pertama, prestasi belajar secara kognitif pada siswa kelas V di MI Guppi 13 Tasik Malaya bervariasi ada yang memperoleh prestasi belajar yang tinggi, sedang dan rendah. Kedua, peran orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V di MI Guppi 13 Tasik Malaya meliputi peran sebagai pengasuh dan pendidik, pembimbing, motivator dan fasilitator. Ketiga, faktor-faktor yang mempengaruhi peran orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V di MI Guppi 13 Tasik Malaya antara lain: latar belakang pendidikan orang tua, tingkat ekonomi orang tua, jenis pekerjaan orang tua, waktu yang tersedia, dan jumlah anggota keluarga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Mutiya, Khoirukhumairaazzahra839@gmail.com
Zulaiha, Sitilayesfakh0515@gmail.com
Amrillah, H.M Taufiktaufikamrillah@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 16 Aug 2023 08:35
Last Modified: 16 Aug 2023 08:35
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5108

Actions (login required)

View Item View Item