IMPLEMENTASI PENDEKATAN LIVING VALUES EDUCATION DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DI KELAS IV SDIT KHOIRU UMMAH

Claudia, Cindy and Ratnawati, Ratnawati and Putrajaya, Guntur (2023) IMPLEMENTASI PENDEKATAN LIVING VALUES EDUCATION DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DI KELAS IV SDIT KHOIRU UMMAH. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
CINDY CLAUDIA (19591030) PGMI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah Pendidikan karakter anak atau siswa kelas IV SDIT Khiru Ummah yang masih perlu ditingkatkan lagi, karena Pendidikan karakter sangat dibutuhkan seseorang untuk dapat berosialisasi terhadap sesame khususnya dilingkungan sekolah yang berbasis islami. Untuk mengatasi hal atau permasalahan ini sejak dini maka implementasi pendekatan Living Values Education adalah salah satu pendekatan yang sangat efektif untuk menanamkan nilai- nilai Pendidikan karakter terhadap anak, khususnya anak sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian Kualitatif. Sumber data yaitu data primer dan sekunder dengan subjek utama adalah Kepala Sekolah, wali kelas, guru-guru, serta siswa kelas IV. Lokasi penelitian adalah SDIT Khoiru Ummah, jl.Bhayangkara 1 Sukowati Curup, Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh analisis dengan langkah-langkah adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian. Pertama : Implementasi pendekatan LVE dalam penanaman nilai-nilai karakter dilakukan dengan cara memasukkan konten-konten nilai dalam kegiatan belajar menagajar oleh guru atau wali kelas, selain itu penerapan ini dilakukan dengan cara kolaborasi dengan kurikulum JSIT dimana kurikulum JSIT itu ada point atau indikator yang menerapkan bina pribadi islam di SDIT. Kedua : Adapun faktor pendukung adanya koordinasi antara kepala sekolah dan wakil kepala sekolah, sesama guru serta staf dalam menerapkan berbagai model, metode dan strategi pembelajaran dalam Pendidikan karakter pada proses belajar mengajar baik di kelas maupun di luar kelas. Dan ada juga faktor penghambatnya yaitu: kesadaran orang tua atau wali murid yang masih kurang , karena anak juga membutuhkan perhatian dari orang tua, bukan hanya di sekolah saja pendidikan yang dibutuhkan, akan tetapi penanaman nilai agama sangat penting agar anak memiliki karakter yang baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Claudia, CindyClaudiacindy0987@gmail.com
Ratnawati, Ratnawatiratnawati@iaincurup.ac.id
Putrajaya, Gunturgunturcikaman@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 16 Aug 2023 07:50
Last Modified: 16 Aug 2023 08:48
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5095

Actions (login required)

View Item View Item