Pengaruh Media Pembelajaran Flip Chart Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Muatan Lokal Aksara Kaganga Kelas III di SDN 12 Rejang Lebong

Vada, Vernika Indriani and Warlizasusi, Jumira and Putri, Dini Palupi (2023) Pengaruh Media Pembelajaran Flip Chart Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Muatan Lokal Aksara Kaganga Kelas III di SDN 12 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.

[img] Text
SKRIPSI VERNIKA INDRIANI VADA.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FLIP CHART TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL AKSARA KAGANGA KELAS III DI SD N 12 REJANG LEBONG Pembelajaran muatan lokal aksara kaganga merupakan salah satu upaya dalam pelestarian kearifan lokal aksara dari suku Rejang di kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengulu. Berdasarkan hasil observasi peneliti di SDN 12 rejang Lebong ada beberapa faktor rendahnya minat belajar siswa pada pembelajaran muatan lokal kaganga yaitu kurangnya pengggunaan media pembelajaran yang bervariasi serta pengajaran yang monoton sehingga siswa cepat bosan, hal tersebut mempengaruhi minat belajar siswa. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk menggunakan flip chart sebagai media pembelajaran karena memiliki warna dan gambar yang lebih menarik perhatian dan minat siswa. Peneitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) minat belajar siswa menggunakan media pembelajaran flip chart pada mata pelajaran muatan lokal kaganga pada kelas eksperimen; (2) minat belajar siswa pada mata pelajaran muatan lokal kaganga pada kelas kontrol; dan (3) apakah terdapat pengaruh positif media pembelajaran flip chart terhadap minat belajar siswa pada matapelajaran muatan lokal kaganga kelas III di SDN 12 Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian kiantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen dan desain penelitian pretest – posttest control group desain. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III A selaku kelas eksperimen dan kelas III B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, angket an dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa: (1) minat belajar siswa kelas III A selaku kelas eksperimen diperoleh hasil nilai rata- rata kelas eksperimen mengalami peningkatan yaitu 86,70 < 93,50.(2) minat belajar siswa kelas III B selaku kelas kontrol diperoleh hasil nilai rata-rata 86,10< 88,30. (3) berdasarkan hasil uji independent sampel t-test diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol, yakni 93,50 > 88,30 dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil uji paired sampel t-test nilai rata-rata minat belajar siswa kelas eksperimen mengalami peningkatan yakni 86,70 meningkat menjadi 93,50, dengan nilai signifikan ( 2-tailed) 0,000<0,05 maka Ha diterima artinya bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara media pembelajaran flip chart terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran muatan lokal kaganga di SDN 12 Rejang Lebong. Korelasi antara variabel X dan variabel Y diperoleh nilai sebesar 71,1%. Artinya antra variabel X dan variabel Y terdapat korelasi yang kuat atau tinggi.. Sehingga dapat disimpulkan semakin baik media pembelajaran flip chart maka minat belajar siswa semakin meningkat. Kata Kunci: Media Pembelajaran Flip Chart, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Vada, Vernika Indrianiindrianivernika@gmail.com
Warlizasusi, Jumirajumira.ifnaldi@gmail.com
Putri, Dini Palupidinigusnadi@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 16 Aug 2023 07:03
Last Modified: 16 Aug 2023 07:03
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5091

Actions (login required)

View Item View Item