Analisis Penerapan Model Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Menyenangkan Gembira Dan Berbobot (Paikem Gembrot) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di Smp Negeri 29 Rejang Lebong

Tiara, Vera and Kusen, Kusen and Yanuarti, Eka (2023) Analisis Penerapan Model Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Menyenangkan Gembira Dan Berbobot (Paikem Gembrot) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di Smp Negeri 29 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Vera_Tiara.pdf

Download (1MB)

Abstract

ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF INOVATIF KREATIF EFEKTIF MENYENANGKAN GEMBIRA DAN BERBOBOT (PAIKEM GEMBROT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI DI SMP NEGERI 29 REJANG LEBONG Vera Tiara Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan model PAIKEM GEMBROT dalam meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 29 Rejang Lebong. (2) Analisis model PAIKEM GEMBROT dalam meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 29 Rejang Lebong. Jenis penelitian ini adalah menggunakan Pendekatan Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan oleh guru PAI. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif. Penelitian ini dilatar belakangi dengan hasil pembelajaran PAI yang masih dibawah standar ketuntasan. Oleh karena itu, perlunya menggunakan model pembelajaran yang tepat. Dan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah: guru PAI dan siswa kelas VIII, serta penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 29 Rejang Lebong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa tahapan penelitian tindakan kelas yaitu: 1) pelaksanaan model PAIKEM Gembrot dalam meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 29 Rejang Lebong terdapat 3 tahapan yakni tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. 2) analisis model PAIKEM Gembrot dalam meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 29 Rejang Lebong. Kesimpulan penelitian ini adalah: Pada hasil belajar PAI pada siklus I sebelum menerapkan model PAIKEM Gembrot bahwa: nilai rata-rata hasil kemampuan siswa 40,3% dan belum mencapai kriteria ketuntasan minimal. Dan pada siklus II dapat dilihat dengan adanya menerapkan model PAIKEM Gembrot bahwa: nilai rata-rata hasil kemampuan siswa 78,6% dan sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal. Kata Kunci: Penerapan model PAIKEM GEMBROT, Hasil Belajar PAI

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Tiara, Verauciktiara123@gmail.com
Kusen, Kusenkusenpasca1969@gmail.com
Yanuarti, Ekaekayanuarti@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun7 akun7
Date Deposited: 18 Aug 2023 09:37
Last Modified: 18 Aug 2023 09:37
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5086

Actions (login required)

View Item View Item