Pengaruh Strategi Belajar Metakognitif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar

Sari, Fita and Susilawati, Susilawati and Supardan, Dadan (2023) Pengaruh Strategi Belajar Metakognitif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PENGARUH STRATEGI BELAJAR METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR.pdf

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan latar belakang yang terdapat dalam penelitian ini adalah siswa masih sangat pasif dan kurangnya perencanaan dalam diri siswa ketika ingin melakukan kegiatan pembelajaran. Selain itu, guru pada mata pelajaran IPA di Sekolah Dasar Negeri 38 Rejang Lebong cenderung masih menggunakan metode pembelajaran yang konvensional, tanya jawab dan lainnya. Sehingga hal ini sangat berpengaruh dengan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan salah satu solusi yaitu dengan adanya strategi metakognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi belajar metakognitif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat penelitian eksperimen. Desain penelitia yang digunakan adalah desain pretest-posttest control group design. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes (pretest dan posstest) yang berbentuk pilihan ganda dan non tes berupa lembar kerja siswa dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Teknik analisis data sengan cara melekukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest sebesar 46,09 dan nilai rata-rata posttest sebesar 87,80. Sedangkan hasil analisis Independent Samples Test hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan menggunakan strategi belajar metakognitif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA menunjukkan signifikansi (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 setelah dikonsultasikan ke uji-t, diperoleh hasil nilai thitung sebesar 4.172 dan ttabel sebesar 2,022, ini berarti nilai thitung = 4.172 > ttabel = 2,022. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh strategi belajar metakognitif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sari, Fitafitasarii2001@gmail.com
Susilawati, Susilawatisusilawati@iaincurup.ac.id
Supardan, Dadandadan.supardan@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 16 Aug 2023 07:44
Last Modified: 16 Aug 2023 07:44
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5085

Actions (login required)

View Item View Item