Pengaruh Strategi Pembelajaran Geopardy Review Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV di MIS Guppi No 13 Tasikmalaya

Oktaria, Tasia and Warlizasusi, Jumira and Putri, Dini Palupi (2023) Pengaruh Strategi Pembelajaran Geopardy Review Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV di MIS Guppi No 13 Tasikmalaya. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI TASIA OKTARIA.pdf

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi penelitian, ada beberapa faktor rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV di Mis Guppi No.13 Tasikmalaya, yaitu proses pembelajaran masih berpusat kepada pendidik sehingga belum melibatkan siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran. Peserta didik kurang berminat jika diadakan diskusi kelompok. Karena peserta didik cenderung mementingkan sikap individualis, hal ini menyebabkan peserta didik sebagian besar belum memiliki kemampuan berpikir kritis dengan baik. Wali kelas juga kurang menggunakan variasi strategi pembelajaran yang menyenangkan sehingga membuat peserta didik menjadi jenuh dan dominan pasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran jeopardy review terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV di Mis Guppi No.13 Tasikamalaya. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif Eksperiment dengan pendekatan OneGroup Pre-test Post-test design. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan uji normalitas, uji homogenitas , uji hipotesis, uji Korelasi Product Moment dan perhitungan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 57,17 sedangkan nilai posttest sebesar 82,17. Hasil uji hipotesis menggunakan analisis Paired Sample Test dengan taraf signifikasi 5% (0,05), yaitu 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, sedangkan dilihat dari hasil perhitungan koefisien determinasi, besarnya pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y yaitu 52,5%. sehingga terdapat pengaruh positif yang signifikan antara strategi pembelajaran jeopardy review terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di Mis Guppi No.13 Tasikmalaya, artinya dapat disimpulkan bahwa semakin baik strategi pembelajaran jeopardy review terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, maka kemampuan berpikir kritis siswa semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Oktaria, Tasiaoktariatasia@gmail.com
Warlizasusi, Jumirajumira.ifnaldi@gmail.com
Putri, Dini Palupidinigusnadi@gmail.com
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 16 Aug 2023 07:03
Last Modified: 16 Aug 2023 07:03
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5083

Actions (login required)

View Item View Item