Strategi Guru Menggerakkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Untuk Mengoptimalkan Minat Baca Dan Tulis Siswa Kelas IV SDN 02 Rejang Lebong

Ningrum, Juwita Herpiana and Ifnaldi, Ifnaldi and Misriani, Agita (2023) Strategi Guru Menggerakkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Untuk Mengoptimalkan Minat Baca Dan Tulis Siswa Kelas IV SDN 02 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
BAB I -5 JUWITA FIX NIAN REVISI 2 WORD.pdf

Download (2MB)

Abstract

STRATEGI GURU MENGGERAKKAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) UNTUK MENGOPTIMALKAN MINAT BACA DAN TULIS SISWA KELAS IV SD N 02 REJANG LEBONG Oleh Juwita Herpiana Ningrum ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi dengan keadaan rendahnya minat baca dan minat menulis siswa dan kurangnya wadah untuk menyalurkan bakat yang dimiliki oleh siswa. Rendahnya minat baca dan tulis siswa juga dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang disalah gunakan yaitu banyaknya siswa yang pada saat ini lebih memilih menonton televisi dan bermain handphone dibandingkan dengan membaca buku. Sehingga untuk menambah minat literasi baca dan tulis adanya suatu kegiatan GLS (Gerakan Literasi Sekolah) di setiap sekolah dan strategi setiap sekolah dalam melaksanakan gerakan literasi sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi yang dimiliki SDN 02 Rejang Lebong dalam melaksanakan GLS dan faktor penghambat dan pendukung kegiatan gerakan literasi sekolah di SDN 02 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Responden dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru penggiat literasi, wali kelas IV, dan juga siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: 1) strategi Guru dalam menggerakkan GLS yaitu mengondisikan lingkungan sekolah yang kaya literasi dengan memajang hasil karya - karya siswa dikelas, memperkaya koridor dengan mading berbasis pelajara, kemudian menciptakan lingkungan sekolah yang literat dengan program - program gerakan literasi yang bervariasi, dan membentuk tim- tim penggiat literasi, dan mengupayakan lingkungan sosial dan afektif sebagai model interaksi yang literat dengan membuat acara – acara/ perlombaan yang berkaitan dengan literasi diwaktu - waktu tertentu, kemudian juga memberikan apresiasi dan reward untuk siswa - siswa yang berpretasi . 2) faktor - faktor yang mendukung kegiatan gerakan literasi sekolah (GLS) di SDN 02 Rejang Lebong yaitu sarana dan prasarana, peserta didik, pengetahuan tenaga pendidik sedangkan yang menjadi faktor penghambat pelaksanaan gerakan literasi sekolah yaitu ketersediaan dana dari pihak sekoah yang masih kurang mencukupi dalam mengembangkan lagi kegiatan Gerakan Literasi Sekolah (GLS)  ini. Kata kunci: GLS, Strategi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ningrum, Juwita Herpianajuwitaherpiana12@gmail.com
Ifnaldi, Ifnaldiifnaldi1965@gmail.com
Misriani, Agitaagitamisriani89@gmail.com
Subjects: L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 16 Aug 2023 07:59
Last Modified: 16 Aug 2023 07:59
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5081

Actions (login required)

View Item View Item