Implementasi Muatan Lokal Aksara Kaganga Rejang pada Siswa Kelas III SDN 72 Rejang Lebong

Anggelita, Ermia and Khair, Ummul and hartati, meri (2023) Implementasi Muatan Lokal Aksara Kaganga Rejang pada Siswa Kelas III SDN 72 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
IMPLEMENTASI MUATAN LOKAL AKSARA KAGANGA REJANG PADA SISWA KELAS III SDN 72 REJANG LEBONG (1).pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan masih kurangnya pengetahuan siswa tentang budaya daerah terutama pada tulisan Aksara Kaganga banyak siswa yang tidak mengerti dalam menuliskan huruf aksara kaganga dan peneliti juga melihat dari hasil observasi hanya ada 7 siswa dari 23 siswa yang berasal dari etnis Rejang asli hal tersebut pula yang membuat kurangnya pengetahuan tentang budaya daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi muatan lokal Aksara Kaganga Rejang di SDN 72 Rejang Lebong. Penelitian ini meneliti terkait proses perencanaan, pelaksanaan pada implementasi muatan lokal Aksara Kaganga Rejang. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas III dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu : (1) perencanaan, dalam tahap perencanaan sekolah menyeleksi muatan lokal berdasarkan potensi yang dimiliki oleh sekolah dan/atau juga melaksanakan muatan lokal yang diwajibkan oleh dinas pendidikan kabupaten, pihak sekolah perlu memiliki silabus, pihak sekolah dapat membuatnya secara mandiri atau dengan bantuan dari sekolah lain dan untuk silabus muatan lokal yang diwajibkan oleh dinas pendidikan kabupaten maka akan mendapatkan silabus dari dinas pendidikan tersebut, setelah silabus dibuat atau didapat, guru kelas memiliki wewenang penuh untuk memilih SK, KD dan indikator yang nantinya akan dibuat menjadi RPP untuk setiap pertemuan pembelajaran Kemudian pada pelaksanaan, dalam tahap pelaksanaannya guru melakukan interaksi pembelajaran dengan menggunakan metode dan pendekatan yang dianggapnya paling efisien dan efektif serta sesuai dengan RPP. (2) Faktor penghambat implementasi muatan lokal Aksara Kaganga dalam menanamkan rasa cinta tanah air pada siswa kelas III SDN 72 Rejang Lebong bearasal dari faktor internal yaitu minat dan motivasi siswa yang masih kurang dalam mengikuti pembelajaran, sedangkan faktor eksternal yaitu media pembelajaran dan lingkungan keluarga yang tidak membiasakan anak-anak mereka dalam berbahasa Rejang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Anggelita, Ermiaermiaanggelita07@gmail.com
Khair, Ummulummulkhair1213@gmail.com
hartati, merimerryhartati8055@gmail.com
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 16 Aug 2023 07:36
Last Modified: 16 Aug 2023 07:36
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5073

Actions (login required)

View Item View Item