Efektivitas Pembelajaran Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpack) Untuk Meningkatkan Karakter Rasa Ingin Tahu Peserta Didik Kelas V Di Min 03 Kepahiang

Viona, Laura Ade and Susilawati, Susilawati and Amrillah, H.M Taufik (2023) Efektivitas Pembelajaran Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpack) Untuk Meningkatkan Karakter Rasa Ingin Tahu Peserta Didik Kelas V Di Min 03 Kepahiang. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI_LAURA_ADE_REVISI_4[1].pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal pembelajaran di kelas V cenderung menggunakan metode ceramah dan penugasan saja, sehingga siswa monoton dan kurang bertanya dalam proses pembelajaran. Rendahnya rasa ingin tahu siswa pun bisa dikarenakan oleh pembelajaran yang kurang efektif dan membosankan. Dampak pembelajaran seperti ini siswa kurang memiliki rasa ingni tahu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran tpack dan untuk mengetahui perbedaan rata-rata sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran TPACK pada peserta didik kelas V di MIN 03 Kepahiang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode pre�experimental design tipe one group. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi, dengan subjek penelitian siswa kelas V di MIN 03 Kepahiang tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 30 siswa. Penelitian dilaksanakan empat kali menggunakan pendekatan pembelajaran tpack, di akhir pertemuan siswa diberikan angket rasa ingin tahu siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji Normalitas, uji N-gain dan uji t dengan aplikasi Statistical Package For Sosial Sciences (SPSS) versi 25. Dalam hasil penelitian ini terdapat efektivitas pembelajaran tpack untuk meningkatkan karakter rasa ingn tahu peserta didik, dilihat dari hasil uji N-gain dapat disimpulkan bahwa pembelajaran TPACK berdistribusi cukup efektif untuk meningkatkan karakter rasa ingin tahu peserta didik kelas V di MIN 03 Kepahiang dengan dibuktikan dari nilai rata-rata presentase N-gain score yaitu 71,82. Demikian pula dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata nilai sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaranTPACK di kelas V. Hal ini dapat dilihat berdasarkan tabel uji t diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,005, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat diartikan ada pengaruh pembelajaran tpack untuk meningkatkan karakter rasa ingin tahu peserta didik kelas V di MIN 03 Kepahiang

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Viona, Laura Adelauraadeviona02@gmail.com
Susilawati, Susilawatisusilawati@iaincurup.ac.id
Amrillah, H.M Taufiktaufikamrillah@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 16 Aug 2023 07:39
Last Modified: 16 Aug 2023 07:39
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5072

Actions (login required)

View Item View Item