Upaya guru fiqih dalam memotivasi belajar siswa mts negeri 2 rejang lebong melalui metode simulasi

Obella, Nadia and Cikdin, Cikdin and Arsil, Arsil (2023) Upaya guru fiqih dalam memotivasi belajar siswa mts negeri 2 rejang lebong melalui metode simulasi. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
NADIA OBELLA.pdf

Download (5MB)

Abstract

Upaya seorang guru sangatlah penting didalam belajar, karena seorang guru dan siswa itu sendirilah yang sanggup memajukan motivasi siswa di saat proses belajar mengajar berlangsung. Salah satu metode pempelajaran yang tepat bisa digunakan guru ialah metode simulasi. Metode pembelajaran simulasi merupakan rangkaian metode mengajar yang bisa membantu siswa memperjelas suatu pembelajaran. Menggunakan metode simulasi dalam pembelajaran membantu peserta didik untuk mengingat pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui upaya guru Fiqih dalam memotivasi belajar siswa melalui metode simulasi di kelas IX MTS N 2 Rejang Lebong, serta untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung upaya guru Fiqih dalam memotivasi belajar siswa di kelas IX MTS N 2 Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif, subjek penelitian yaitu guru Fiqih, Kepala sekolah dan Siswa�siswi kelas IX di MTs N 2 Rejang Lebong. Dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru Fiqih dalam memotivasi belajar siswa melalui metode simulasi yaitu dengan memperjelas tujuan yang ingin dicapai, membangkitkan rasa ingin tahu siswa, diadakannya evaluasi simulasi dan pemberian Reward.. Adapun faktor pendukung upaya guru Fiqih dalam memotivasi belajar siswa yaitu pihak sekolah menyediakan sarana dan prasarana yang cukup memadai, peran aktif seorang guru, dan faktor pendukung yang didapatkan dari luar sekolah yaitu motivasi dari orang tua. Faktor penghambat upaya guru dalam memotivasi siswa yaitu faktor internal, dimana faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri manusia itu sendiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Obella, Nadiaobelanadya@gmail.com
Cikdin, Cikdincikdinnnn12@gmail.com
Arsil, Arsilarsilarsil98@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 16 Aug 2023 08:14
Last Modified: 16 Aug 2023 08:27
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5063

Actions (login required)

View Item View Item