Efektivitas instrumen penilaian sains berbasis hots terhadap kemampuan berpikir logis siswa kelas v sd 1 rejang lebong

Islami, Nadia and Nasution, Aida Rahmi and Putra, Muksal Mina (2023) Efektivitas instrumen penilaian sains berbasis hots terhadap kemampuan berpikir logis siswa kelas v sd 1 rejang lebong. Sarjana thesis, Insstitut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
NADIA_ISLAMI[1].pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi tuntutan pembelajaran abad 21 dimana salah satunya harus dibekali penguatan kemampuan berpikir kritis. Namun realitanya guru belum sepenuhnya mengasah kemampuan berpikir kritis dan tidak ada instrumen khusus untuk mengukur kemampuan logis, salah satunya yang dapat dilakukan oleh guru yakni mengembangkan instrumen berpikir logis (HOTS) Pada level menganalisis, mengevaluasi, mengkreasi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan efektifitas instrumen penilaian berbasis HOTS untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis siswa. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan penelitian kuantitatif berbasis desain Quasi Eksperimen dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi, Test, sedangkan analisis data berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan uji N-gain. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Penyusunan instrumen berbasis HOTS dilakukan dengan tahapan: (a) menganalisis kurikulum,(b) menganalisis KD dan indikator,(c) menyusun silabus berbasis HOTS,(d) Menyusun RPP HOTS,(e) dan Menetapkan materi. (2) Penerapan insrumen berbasis HOTS dilakukan sebanyak 4 kali yaitu: (a) Pertemuan pertama peneliti memberikan pre-test didapatkan rata-rata (b) Kedua melakukan penerapan pembelajaran Sains berbasis HOTS dengan sintak berbasis saintifik,(c) Ketiga penerapan pembelajaran Sains berbasis HOTS (berpikir logis) pada kelas eksperimen,(d) Keempat pemberian Post-test. (3) instrumen Sains berbasis HOTS efektif dalam peningkatan berpikir logis, Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata hasil posttest kelas eksperimen 61,6095 lebih besar dibandingkan dengan rata-rata hasil kelas kontrol yaitu 37,0940.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Islami, Nadianadiaislami505@gmail.com
Nasution, Aida Rahmiaidarahminasution@iaincurup.ac.id
Putra, Muksal Minamuksalminaputra@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 16 Aug 2023 07:29
Last Modified: 16 Aug 2023 07:29
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5055

Actions (login required)

View Item View Item