“Pengaruh Model Pembelajaran Ctl (Contextual Teaching And Learning) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Di Sdn Margoyoso Musi Rawas”

Wardani, Arinda Puja and Arbani, Wiwin and Putri, Dini Palupi (2023) “Pengaruh Model Pembelajaran Ctl (Contextual Teaching And Learning) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Di Sdn Margoyoso Musi Rawas”. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Arinda Puji Wardani.pdf

Download (2MB)

Abstract

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SDN MARGOYOSO MUSI RAWAS Abstrak Oleh : Arinda Puja Wardani Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan pembelajaran yang masih pasif, sehingga kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan kurang masksimal. Permasalahan yang terjadi mengakibatkan siswa merasa bosan dan kurang konsentrasi terhadap pembelajaran, sehingga mempengaruhi rendahnya hasil belajar Matematika siswa. Maka dari itu peneliti menerapkan pembelajaran menggunakan model CTL (Contextual Teaching and Learning) yang melibatkan keadaan nyata secara langsung sesuai dengan materi yang diajarkan sehingga dapat membantu peserta didik memaknai materi pelajaran secara langsung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui : 1) Hasil Belajar Matematika siswa kelas V kontrol di SDN Margoyoso Musi Rawas, 2) Hasil Belajar Matematika Siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) kelas V eksperimen di SDN Margoyoso Musi Rawas, 3) Pengaruh Model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap Hasil Belajar Matematika siswa kelas V di SDN Margoyoso Musi Rawas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis quasi eksperimental design. Dilaksanakan di SDN Margoyoso Musi Rawas pada tahun ajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dengan Sampel penelitian diperoleh dengan pertimbangan tertentu (purposive sampling) adalah 15 siswa dikelas V A sebagai kelas Eksperimen, 13 siswa dikelas V B sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa :1) Hasil belajar siswa pada kelas kontrol diperoleh rata-rata pretest sebesar 49,2 dan rata – rata posttest 63,9. 2) Hasil Belajar siswa pada kels eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) diperoleh rata- rata Pretest 47,5 dan Posttest sebesar 85,3. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan sesuai dengan hasil rata – rata siswa mata pelajaran Matematika dengan menggunakan model pembelajaran CTL (contextual Teaching and Learning) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh sig.(2-tailed) 0,000 < 0,005, yang memiliki arti bahwa ditolak dan diterima. Artinya,terdapat pengaruh antara model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Hasil Belajar Matematika siswa kelas V di SDN Margoyoso Musi Rawas Kata Kunci : Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Wardani, Arinda Pujaarindhapw01@gmail.com
Arbani, Wiwinwiwin721004@gmail.com
Putri, Dini Palupidinigusnadi@gmail.com
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 16 Aug 2023 04:54
Last Modified: 16 Aug 2023 04:54
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5047

Actions (login required)

View Item View Item