Ulfa, Ayu Amira and Arbani, Wiwin and Putri, Dini Palupi (2023) Pengaruh Media Snake Ledder Game Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III Mis 05 Darussalam Kepahiang. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
Skripsi Revisi I Ayu Amira .pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena peserta didik kurang motivasi belajar, pendidik masih kurang maksimal dalam penggunaan media pembelajaran, dan peserta didik merasa bosan dan malas ketika pembelajaran sedang berlangsung, masalah-masalah ini dapat mengakibatkan rendahnya hasil belajar matematika siswa. Sebab karenanya dibutuhkan solusi yaitu dengan menggunakan media snake ledder game (permainan ular tangga). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media snake ledder game (permainan ular tangga) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III MIS 05 Darussalam Kepahiang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif ekperimen semu (quasi eksperimen). Desain penelitian ini menggunakan desain (Noneequivalent control group design) dengan melakukan pre-test dan post-test. Metode pengumpulan data meliputi observasi, tes dan dokumentasi. Populasi berjumlah 59 siswa dengan sampel 40 siswa menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa yang menggunakan media snake ledder game di kelas III-C MIS 05 Darussalam Kepahiang sebelum diberi perlakuan rata-rata pre-test siswa sebesar 62,5 dan setelah diberikan perlakuan rata-rata post-test siswa sebesar 78. (2) hasil belajar siswa yang diberi pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional dikelas III-B MIS 05 Darussalam Kepahiang sebelum diberi perlakuan rata-rata pre-test siswa sebesar 62,75 dan nilai post-test di kelas kontrol sebesar 70. (3) terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media snake ledder game terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III MIS 05 Darussalam Kepahiang. Berdasarkan perhitungan uji paired sampel t test diperoleh nilai t sebesar tiga koma seratus tujuh puluh (t = 3,170) dengan signifikasi sebesar 0,003 kurang dari (<) 0,05 , yang artinya hipotesis kerja () diterima yaitu terdapat pengaruh media snake ledder game terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III MIS 05 Darussalam Kepahiang. Kata kunci : Pengaruh Media, Snake Ledder Game, Hasil Belajar Matematika
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education L Education > L Education (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun1 akun1 | ||||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2023 04:55 | ||||||||
Last Modified: | 16 Aug 2023 04:55 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5045 |
Actions (login required)
View Item |