Pengaruh Permainan Abc Lima Dasar Untuk Meningkatkan Kosakata Siswa di Sdn 72 Rejang Lebong

Yolanda, Okta Vidia and Ratnawati, Ratnawati and Yuliza, Yosi (2023) Pengaruh Permainan Abc Lima Dasar Untuk Meningkatkan Kosakata Siswa di Sdn 72 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
OKTA VIDIA YOLANDA_PGMI .pdf

Download (4MB)

Abstract

Penerapan Permainan ABC Lima Dasar Untuk Meningkatkan Kosakata Siswa Di SDN 72 Rejang Lebong ABSTRAK Penelitian ini dilakukan di kelas II SDN 72 Rejang Lebong pada tema 2 subtema 2. Permainan ABC lima dasar adalah bentuk permainan kata, yaitu menebak nama buah, benda, hewan, tempat, atau nama dari tokoh-tokoh misalnya nama artis, pahlawan, dan lain-lain. Permainan ABC lima dasar ini bisa melatih kecepatan dan ketangkapan siswa. Penelitian ini dilakukan untuk; 1) Mengetahui bagaimana proses penerapan permainan ABC lima dasar untuk meningkatkan kosakata siswa, 2) Mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. 3) mengetahui bagaimana pengaruh permainan ABC lima dasar untuk meningkatkan kosakata siswa. Peneliti ini merupakan penelitian eksperimen, dengan desain penelitian kuasi eksperimen nonequeivalent control group design. Penelitian ini dilakukan uji kemampuan awal (pretest) ke siswa kelas II (Dua) SDN 72 Rejang Lebong yang berjumlah 15 orang dan uji kemampuan akhir (posstest) setelah pemberian perlakuan. Siswa kelas II SDN 72 Rejang Lebong merupakan kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana mereka di bagi 2 kelas. Sedangkan kelas kontrol merupakan siswa kelas II SDN 72 Rejang Lebong yang juga berjumlah 15 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Dari hasil proses penerapan permainan ABC lima dasar terdapat perbedaan antara nilai pretest dan posttest yang dimana nilai posttest lebih baik, artinya terdapat peningkatan kosakata siswa setelah diberi perlakuan; 2) Perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil posttest kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan media permainan ABC lima dasar dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia pada kelas 2, diperoleh rata-rata tes akhir (posttest) 79,7, sedangkan kelas kontrol yang menggunakan metode konvesional diperoleh rata-rata posttest 62,3. Berdasarkan hasil rata-rata posttest bahwa pembelajaran menggunakan media permainan ABC lima dasar dalam proses pembelajarannya, memiliki hasil yang lebih baik. 3) hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan permainan ABC lima dasar sebagai media pembelajaran berpengaruh terhadap peningkatan kosakata siswa kelas II SDN 72 Rejang Lebong, berdasarkan uji hipotesis paired sampel t test, diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,005, makan Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara rata-rata antara hasil belajar pretest dan postest, yang artinya ada pengaruh media ABC lima dasar (variabel X) peningkatan kosakata (variabel Y) dalam meningkatkan kosakata siswa pada kelas II SDN 72 Rejang Lebong. Kata kunci: Permainan ABC lima Dasar, Kosakata, Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Yolanda, Okta Vidiaoktavidiayolanda@gmail.com
Ratnawati, Ratnawatiratanawati@iaincurup.ac.id
Yuliza, Yosichieyosi@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 16 Aug 2023 07:17
Last Modified: 16 Aug 2023 07:17
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5042

Actions (login required)

View Item View Item