Implementasi Media Visual Berbahan Alam Pada Pembelajaran Ipas di Kelas IV SDN 02 Rejang Lebong

Dzuhriani, Wilda and Harmi, Hendra and Ningtyas, Amanah Rahma (2023) Implementasi Media Visual Berbahan Alam Pada Pembelajaran Ipas di Kelas IV SDN 02 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institute Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Wilda Dzuhriani 19591247.pdf

Download (2MB)

Abstract

Media visual berbahan alam merupakan salah satu media mampu membuat peserta didik efektif untuk menjadi aktif dan berminat dalam pembelajaran IPA yaitu dengan mengenalkan objek langsung dari alam, sedangkan dengan menggunakan media lain peserta didik kurang berminat dalam mengikuti proses pembelajaran. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui: 1). Bagaimana perencanaan media visual berbahan alam pada pembelajaran IPA di kelas IV, 2). Bagaimana pelaksanaan media visual berbahan alam pada pembelajaran IPA di kelas IV, 3). Bagaimana evaluasi media visual berbahan alam pada pembelajaran IPA di kelas IV. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah Deskriftip kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Serta untuk Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan kesimpulan. Dan untuk Teknik keabsahan data yang dugunakan adalah triagulasi sumber dan triagulasi Teknik. Penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut: 1). Media visual berbasis alam dapat berpengaruh memperkuat ingatan siswa, tahapan perencanaan pembelajaran yang dapat dilakukan guru yaitu persiapan, pelaksanaan, dan tindak lanjut, dan metode yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran media pembelajaran visual yaitu circle time, proyek, penemuan terbimbing, diskusi, demonstrasi, kooperatif, eksploratori, problem solving dan chill museum. 2). Keterbatasaan media yang ada dilingkungan sekitar dan pengetahuan siswa. 3). Mendorong keingintahuan siswa lebih kuat lagi karena pada dasarnya siswa memiliki keingintahuan yang besar. Pendekatan yang dapat dijadikan rujukan Ketika media pembelajaran visual berbasis alam tidak efisien yaitu pendekatan active learning, joyful learning, child-center

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Dzuhriani, Wildadzuhrianiwilda@gmail.com <dzuhrianiwilda@gmail.com
Harmi, Hendrahendra.harmi@iaincurup.ac.id
Ningtyas, Amanah Rahmaamanahrahma@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 16 Aug 2023 04:43
Last Modified: 16 Aug 2023 04:43
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5034

Actions (login required)

View Item View Item