Pola Manajemen Guru Dalam Mengenalkan Baca Tulis di SDN 03 Merigi

Fernandi, Resvan and Sahib, Abdul and Arsil, Arsil (2023) Pola Manajemen Guru Dalam Mengenalkan Baca Tulis di SDN 03 Merigi. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
RESVAN MPI.pdf

Download (1MB)

Abstract

POLA MANAJEMEN GURU DALAM MENGENALKAN BACA TULIS DI SDN 03 MERIGI ABSTRAK Resvan Pernandi 18561015 Manajemen merupakan sebagai bentuk usaha manusia untuk menumbuhkan dan mengembangkan potensi-potensi pembawaan baik jasmani maupun rohani sesuai dengan nilai-nilai yang ada di dalam masyarakat dan kebudayaan, Pendidikan merupakan sarana utama bagi manusia untuk berkembang dan menunjukkan eksistensinya sebagai manusia. Model atau pola dalam interaksi belajar mengajar adalah sebagai perubahan pengajaran dari yang satu menuju ke lain, dengan tujuan untuk menghilangkan kebosanan dan kejenuhan peserta didik dalam menerima bahan pengajaran yang diberikan guru sehingga peserta didik dapat berpartisipasi aktif dalam belajarnya Dapat di lihat betapa pentingnya penelitian ini dilakukan lebih lanjut dengan menggunakan konsefnya yaitu pola manajemen guru dalam menegenalkan baca tulis di SDN 03 merigi, dengan tujuan untuk mengetahu betapa pentignya pola manajemen guru dalam mengenalkan baca tulis. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah serta guru, dan siswa Kesimpulan dari penelitian ini pertma peran pola manajemen guru di SDN O3 Merigi sudah cukup baik, ketika peneliti datang ke sekolah pada pagi hari bahwa benar terlihat proses pembelajaran yang sedang berlangsung antara peserta didik dengan guru sudah menerapkan pola pengajaran dan pola manajemen guru yang sangat baik Peran tata usaha dalam pengelolaan arsip sekolah sudah cukup baik. Kedua kesiapan guru dalam menerapkan pola baca tulis di SDN 03 Merigi sudsah cukup baik di karenakan pada saat pemebelajaran setiap guru menerapkan pola baca tulis yang amat mudah untuk para siswa pahami. Ketiga . permasalahan atau kendala yang ada pada peserta didik yaitu kesulitan yang dihadapi oleh peserta didik yaitu sulit memahami, lambat dalam memahami dan mengerti apa yang di ajarkan serta lambat dalam mengerti, Solusi yang di lakukan dengan cara mengadakan les khusus bagi siswa yang mengalami kesulitan membaca dan menulis, guru kelas menyempatkan waktu untuk membimbing siswa yang berkesulitan dalam membaca,guru menggunakan media menarik untuk melatih kemampuan siswa mengenal huruf, guru harus melakukan latihan terus menurus bagi siswa yang berkesulitan menulis, guru bekerjasama dengan orang tua dalam memantau perkembangan siswa. Kata kunci: pola, baca tilis, guru

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Fernandi, Resvanresvanfernandi09@gmail.com
Sahib, Abdulnursahib767@gmail.com
Arsil, Arsilarsilarsil98@gmail.com
Subjects: L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 16 Aug 2023 02:43
Last Modified: 16 Aug 2023 02:43
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5032

Actions (login required)

View Item View Item