Peran Pembina Pramuka Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri 02 Kepahiang

Sundari, Titi and Amin, Muhammad and Baryanto, Baryanto (2023) Peran Pembina Pramuka Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri 02 Kepahiang. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
TITI SUNDARI.19531182.PAI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul peran pembina pramuka dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 02 Kepahiang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran pembina pramuka dalam membentuk karakter disiplin siswa di Madrasah Aliyah Negeri 02 Kepahiang, untuk mengetahui bagaimana peran pembina pramuka dalam membentuk karakter tanggung jawab peserta siswadi Madrasah Aliyah Negeri 02 Kepahiang, untuk mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa di Madrasah Aliyah Negeri 02 Kepahiang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif penelitian ini mengambil latar belakang di Madrasah Aliyah Negeri 02 Kepahiang penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan peran pembina pramuka dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa. Subjek penelitianya adalah kepala Madrasah, pembina pramuka, pelatih pramuka dan siswa yang mengikuti kegiatan pramuka Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pendidikan pramuka merupakan proses pendidikan disekolah dan diluar sekolah dalam bentuk kegiatan yang menarik, menyenangkan, sehat, teratur, disiplin, terarah, dan praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan (PDK dan MK), yang sasaran akhirnya yaitu pembentukan karakter anak didik yang baik. Kegiatan ekstrakurikuler pramuka dimaksudkan untuk mempersiapkan generasi muda sebagai calon pemimpin bangsa agar memiliki watak, kepribadian dan akhlaq mulia, serta keterampilan hidup prima pembentukan karakter anak didik yang baik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembina pramuka yang sangat berperan penting dalam kegiatan pramuka terutama dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa. Namun disiplin dan tanggung jawab itu sendiri belum sepenuhnya diterapkan oleh siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakulikuler pramuka dalam kegiatan pramuka pembina mewajibkan siswa untuk menerapkan dasa darma pramuka sehingga akan membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab namun ada beberapa siswa yang masih belum menerapakn dasa darma tersebut. Kata kunci : Peran pembina Pramuka, Karakter Disiplin dan tanggung jawab, Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sundari, TitiSundarititi213@gmail.com
Amin, Muhammadaminmuhammad@iaincurup.co.id
Baryanto, BaryantoBaruanto@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 16 Aug 2023 07:45
Last Modified: 16 Aug 2023 07:45
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5028

Actions (login required)

View Item View Item