Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas XI Ips 3 di Sma Negeri 1 Rejang Lebong

Rapina, Velicia and Hartini, Hartini and Hajjah Ristianti, Dina (2023) Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas XI Ips 3 di Sma Negeri 1 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Velicia.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini diangkat berdasarkan hasil survei selama Praktek Pengalaman Lapangan di sekolah bahwa siswa kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 1 Rejang Lebong mempunyai kemandirian belajar yang rendah. Siswa tidak percaya diri dan bergantung kepada teman ketika mengerjakan tugas dengan cara menyontek hasil jawaban dari teman. Berdasarkan fakta yang terjadi peneliti ingin mengangkat masalah tersebut dengan judul upaya guru bimbingan dan konseling dalam mengembangkan kemandirian belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini yaitu siswa dan guru bimbingan dan konseling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan pengamatan langsung atau observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan serta data yang terkumpul dicek keabsahannya dengan menggunakan triangulasi sumber, triangulasi waktu dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh informasi tentang: a) kemandirian belajar siswa di kelas XI IPS 3 masih tergolong rendah, hal itu dibuktikan dengan adanya siswa yang tidak dapat belajar sendiri tanpa bantuan dari teman, tidak percaya diri dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, tidak memiliki rancangan dalam kegiatan belajar karena merasa malas, tidak ada inisiatif untuk belajar secara terus-menerus karena tidak menyukai pelajaran, tidak bertanggung jawab terhadap pelajaran seperti mengerjakan tugas dengan hasil menyontek, dan tidak kritis dalam mengikuti pelajaran dikelas seperti bertanya atau memberikan pendapat. b) upaya yang dilakukan guru pembimbing dalam mengembangkan kemandirian belajar siswa adalah dengan memberikan layanan informasi, layanan konseling individu dan layanan bimbingan kelompok. c) faktor pendukung guru pembimbing dalam melaksanakan program bimbingan dan konseling yaitu guru pembimbing diberikan kepercayaan untuk melaksanakan program bimbingan dan konseling di sekolah, sedangkan faktor penghambat guru pembimbing dalam melaksanakan program yaitu guru pembimbing tidak diberikan jam khusus untuk bimbingan dan konseling dan belum disediakan ruangan khusus untuk melakukan layanan konseling individu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Rapina, VeliciaVeliciarapina34@gmail.com
Hartini, Hartinihartini@iaincurup.ac.id
Hajjah Ristianti, Dinadinahajja@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 16 Aug 2023 06:57
Last Modified: 16 Aug 2023 06:57
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5026

Actions (login required)

View Item View Item