Persepsi Guru Terhadap Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di MIN 1 Rejang Lebong

Anggrain, Fenni and Bahri, Syaiful and Septiana, Anisya (2023) Persepsi Guru Terhadap Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di MIN 1 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
FENNI ANGGRAINI.19591080.PGMI.pdf

Download (5MB)

Abstract

PERSEPSI GURU TERHADAP PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI MIN 1 REJANG LEBONG Oleh : Fenni Anggraini ( 19591080 ) ABSTRAK Terkait realisasi tentang kebijakan implementasi kurikulum merdeka belajar yang di laksanakan di MIN 1 Rejang Lebong berdasarkan observasi peneliti maka penelitian ini memiliki fokus untuk mengetahui bagaimana persepsi guru terhadap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi keterlaksanaan kurikulum tersebut hal ini merupakan kebijakan yang harus diterapkan berdasarkan undang-undang KMA No. 347 Tahun 2022 tentang pedoman implementasi kurikulum merdeka pada madrasah Metode penelitian menggunakan pendekan kualitatif dengan jenis penelitian study kasus. dalam penelitian ini bersifat diskriptif dimana guna untuk mengumpulkan data. Dimana metode penelitian di kembangkan atau meliputi wawancara, observasi dan documentasi. Teknik anlisis data miles dan hebermans menggunakan reduksi data, Display Data (Pelnyajian Data) dan Pelnarikkan Kelsimulan dengan uji keabsahan data mellakukan pelngumpulan data delngan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian (1) Persepsi guru mengenai perencanaan kurikulum merdeka belajar Di MIN 1 Rejang Lebong setelah itu merancang alokasi waktu pelaksanaan projek untuk setiap tema agar dapat memetakan sebaran pelaksanaan projek di sekolah. Alokasi waktu perencanaan setiap projek sesuai dengan kebutuhan peserta didik, sebelum melakukan projek sekolah harus mengelola waktu dengan menjumlahkan alokasi jam pelajaran. (2) Persepsi guru mengenai pelaksaan kurikulum merdeka belajar Di MIN 1 Rejang Lebong. Pelaksanaan pada tema keberkerjaan ini peserta didik diarahkan dan dibimbing untuk menggali mengenali dirinya, membangun impian dan memahami potensi yang dimilikinya. pelaksanaan hingga memperoleh hasil berupa laporan dan presentasi hasil pembelajaran. (3) Persepsi guru mengenai evaluasi dalam kurikulum merdeka belajar MIN 1 Rejang Lebong dengan dua jenis evaluasi yaitu evaluasi proses dan evaluasi hasil. Kata Kunci : Persepsi Guru, Kurikulum dan Merdeka belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Anggrain, Fennifennianggraini9@gmail.com
Bahri, Syaifulsyaiful@iain.curup.ac.id
Septiana, Anisyaanisyasyafei@gmail.com
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 16 Aug 2023 03:03
Last Modified: 16 Aug 2023 03:03
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5020

Actions (login required)

View Item View Item