Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Menggunakan Metode CLIL pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 06 Ujan Mas

Yolanda, Anita and Ifnaldi, Ifnaldi and Misriani, Agita (2023) Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Menggunakan Metode CLIL pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 06 Ujan Mas. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PENINGKATAN_KETERAMPILAN_BERBICARA_SISWA_MENGGUNAKAN_METODE_CLIL_PADA_MATA_PELAJARAN_BAHASA_INDONESIA_KELAS_IV_SDN_06_UJAN_MAS[1].pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan metode CLIL dalam bentuk komunikasi di SD Negeri 06 Ujan mas . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 06 ujan mas dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV SD Negeri 06 uajn mas yang berjumlah 21 siswa, terdiri dari 12 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Blunyahan dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Blunyahan yang berjumlah 30 siswa, terdiri dari 11 siswa perempuan dan 19 siswa laki-laki. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan rancangan penelitian tindakan yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes unjuk kerja, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif yaitu dengan mencari rata-rata. Penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan berbicara menggunakan metode CLIL dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 1 06 Ujan mas dari segi proses maupun hasil. Proses pembelajaran keterampilan berbicara dilakukan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran sehingga menunjukan siswa aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Dilihat dari hasilnya, peningkatan keterampilan berbicara pada siklus I sebesar 1,7 dari kondisi awal 57, menjadi 68,8. Pada siklus II meningkat menjadi 7,8 dari kondisi awal 68,8 meningkat menjadi 76,6. Kata kunci : Keterampilan berbicara, CLIL

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Yolanda, Anitaanitayolanda72@gmail.com
Ifnaldi, Ifnaldiifnaldi1965@gmail.com
Misriani, Agitaagitamisriani89@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: akun3 akun3
Date Deposited: 16 Aug 2023 02:24
Last Modified: 16 Aug 2023 02:24
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5007

Actions (login required)

View Item View Item