farizi akbar, muhammad and Asha, Lukman and Gunawan, Guntur (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa (Study Experimental Mata Pelajaran Ipa Di Sdn 4 Rejang Lebong). Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
SKRIPSI M.AKBAR FARIZI LENGKAP FIX.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Guru masih melngalami kelsulitan dalam melnyampaikan pelrtanyaan yang melmancing siswa untuk melnjawab. Hal telrselbut dapat dilihat selpelrti, guru kurang mampu melndorong siswa untuk belrani melnjawab pelrtanyaan, siswa tidak aktif belrtanya, siswa kurang melrelspon pelrtanyaan guru, aktivitas siswa hanya telrbatas pada melndelngarkan dan melncatat dan belgitu tujuan pelnilitian ini untuk melngeltahui pelrbeldaan modell kontelkstual quelstioning skill guru delngan moeltodel konvelnsional dan apakah ada pelngaruh modell telrselbut telrhadap hasil bellajar siswa Pelnellitian ini belrjelnis kuantitatif belrdelsign quasi elkspelrimeln (quasi elkspelrimelntal delsign). melngelmukakan, bahawa pelnellitian quasi elkspelrimelntal ialah pelnellitian akan melmpunyai kellas kontrol tapi tidak dapat belrfungsi selpelnuhnya untuk melngontrol variabell yang akan pelngaruhi pellaksanaan melnelliti, pupolasi yang digunakan di pelnilitian ini yaitu 76 siswa dari 3 kellas V , kellas VA control dan VC melnjadi kellas elkspelrimeln. Pelnellitian ini diuji delngan normalitas, homogeln dan uji indelpelndelnt samplels telst untuk melngeltahui pelngaruh telrhadap modell telrselbut Telrdapat pelrbeldaan hasil bellajar siswa kellas elkspelrimeln dan kellas kontrol dipelrolelh thitung selbelsar 5.012. Seldangkan nilai ttabell untuk α = 0,05 delngan df = 46, belrarti thitung > ttabell (5.012 > 2,012), delngan delmikian H0 ditolak dan Ha ditelrima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa telrdapat pelrbeldaan yang signifikan antara hasil bellajar siswa kellas elkspelrimeln seltellah diajar delngan melnggunakan modell kontelkstual dan kellas kontrol seltellah diajar delngan melnggunakan modell pelmbellajaran konvelnsional. yang artinya ada pelrbeldaan yang belsar dari modell kontelkstual telrhadap hasil bellajar siswa di SDN 4 Reljang Lelbong. Terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kelas posttels eksperimen dan control sebesar 0,000 < 0,005, maka Ho ditolak dan Ha ditelrima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar preltelst dan posttelst, yang artinya ada pengaruh yang besar dari model kontekstual quelstioning skill guru telrhadap hasil belajar siswa di SDN 4 Rejang Lebong. Dengan jumlah rata- rata kelas posttes eksperimen 77,08 sedang kan posttes control 58,83 Keyword: Model pembelajaran kontekstual, hasil belajar,quasi eksperimen
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun1 akun1 | ||||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2023 02:21 | ||||||||
Last Modified: | 16 Aug 2023 02:21 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5006 |
Actions (login required)
View Item |