Penggunaan Media Cerita Anak dalam Upaya Menumbuhkan Minat Baca Anak Kelas III SDN 07 Seberang Musi

Sartika, Rahma and Taqiyuddin, Muhammad and Oktori, Agus Riyan (2023) Penggunaan Media Cerita Anak dalam Upaya Menumbuhkan Minat Baca Anak Kelas III SDN 07 Seberang Musi. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
fulltext (21).pdf - Accepted Version

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penggunaan Media Cernak (Cerita Anak) dalam Upaya Menumbuhkan Munat Baca Anak Kelas III SDN 07 Seberang Musi Rahma Sartika NIM:19591169 Membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari serta membaca adalah suatu proses mengenali dan memahami makna yang terkandung dalam bahasa tulis sebagai interaksi yang bertujuan untuk memperoleh informasi yang hendak disampaikan oleh penulis. Sehingga keterampilan membaca sangat penting bagi setiap nak-anak agar mereka tidak kesulitan dalam menggali informasi dalam bahan bacaannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media cerita anak dalam upaya menumbuhkan minat baca anak kelas III SDN 07 Seberang Musi, bagaimana pertumbuhan minat baca siswa menggunakan media cerita anak kelas III SDn 07 Seberang Musi, dan bagaimana kendala penggunaan media certita anak dalam upaya menumbuhkan minat baca anak kelas III SDN 07 Seberang Musi. Pendekatan yang digunakandalam penelitian ini, yaitu pendekatan kualitatif dimana jenis yang langsung terjun ke lapangan (fild research), sedangkan ditinjau dari tujuannya penelitian ini penelitian ini tergolong dalam penelitian deskriptif. Subjek dari peneliian ini adalah kepala sekolah, guru kelas III, dan siswa kelas III. Dengan teknik pengumpulan data yang menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media cerita anak dalam upaya menumbuhkan minat baca anak kelas III SDN 07 Seberang Musi berjalan dengan lancar dengan mempersiapkan media pembelajaran dengan berbagai macam buku cerita anak yang menarik untuk kegiatan membaca siswa, dengan cerita-cerita yang menarik mampu menumbuhkan minat membaca siswa, setiap kegiatan tentunya ada menemui kendala dan kendala dalam penngunaan media cerita anak ini ialah terdapat pada kurangnya sarana dan prasarana yang ada diperpustakaan, persediaan buku yang masih kurang, serta mengkondisikan suasana di kelas, ketika fokus terpecah masih sulit mengontrol dan mengawasi siswa. Dari semua itu, guru juga sudah melakukan berbagai upaya untuk mengatasinya. Kata Kunci: Minat Baca Dan Media Cernak (Cerita Anak)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sartika, RahmaRahma Sartika
Taqiyuddin, Muhammadtaqiyuddin1402@gmail.com
Oktori, Agus Riyanagusriyanoktori@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 16 Aug 2023 07:57
Last Modified: 18 Aug 2023 01:47
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/5000

Actions (login required)

View Item View Item