Febriansyah, Dodi (2018) Implementasi Manajemen Mutu Pembelajaran (Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Rabbi Radhiyya Kabupaten Rejang Lebong). Masters thesis, IAIN Curup.
Text
IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU PEMBELAJARAN (di Sekolah Dasar Islam Terpadu Rabbi Radhiyya Kabupaten.pdf Download (3MB) |
Abstract
Mutu pembelajaran merupakan suatu proses pembelajaran yang sudah direncanakan sesuai dengan prosedur yang ada dan juga merancang apa yang akan diajarkan kepada peserta didik nantinya, dengan tujuan mendapatkan hasil yang memuaskan sesuai dengan apa yang diinginkan. Agar manajemen mutu pembelajaran dapat berhasil maka memerlukan suatu konsep, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengawasan serta organisasi yang dilaksanakan secara sistematis dan terstruktur. SDIT Rabbi Radhiyya Rejang Lebong merupakan salah satu sekolah yang menerapkan Managemen Mutu,oleh karena itu penting adanya sebuah penelitian lebih lanjut berkenaan dengan implementasi Managemen Mutu sebagai upaya untuk peningkatan kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menjelaskan dan mengetahui manajemen mutu perencanaan pembelajaran, manajemen mutu pelaksanaan pembelajaran, manajemen mutu evaluasi pembelajaran, serta manajemen mutu tindak lanjut evaluasi pembelajaran di SDIT Rabbi Radhiyya Rejang Lebong. Teknik yang digunakan sebagai alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah teknik interview, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan terhadap Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Kepala Sekolah di SDIT Rabbi Radhiyya Rejang Lebong. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik reduksi data, triangulasi dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Manajemen Mutu Perencanaan Pembelajaran di SDIT Rabbi Radhiyya Rejang Lebong telah berjalan dengan baik yaitu melakukan penyusunan perencanaan, pengorganisasian, pengolahan waktu, pemilihan media dan metode yang dituangkan dalam RPP dan Silabus. Kemudian Manajemen Mutu Pelaksanaan Pembelajaran di SDIT Rabbi Radiyyah telah dilaksanakan dengan baik pula, dimana guru melakukan kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Selanjutnya Manajemen Mutu Evaluasi Pembelajaran di SDIT Rabbi Radiyyah telah diterapkan secara efektif yaitu guru melakukan perencanaan evaluasi berdasarkan pada Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, dalam penilaian dilaksanakan dengan tersusun dan berdasarkan pada indikator penilaian dan adanya tindak lanjut berupa Remidial dan Pengayaan pada siswa. Serta Manajemen Mutu Pengawasan Pembelajaran juga telah dilaksanakan dengan baik di SDIT Rabbi Radiyyah yaitu pengawasan pelaksanaan pembelajaran dilakukan oleh kepala sekolah secara langsung
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Manajemen Mutu; Pembelajaran | |||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
|||||||||
Divisions: | Pasca_Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2 | |||||||||
Depositing User: | Users 4 not found. | |||||||||
Date Deposited: | 29 Oct 2019 13:43 | |||||||||
Last Modified: | 29 Oct 2019 13:43 | |||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/497 |
Actions (login required)
View Item |