Pengaruh Media Pakapin Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V di MIS Guppi 12 Lubuk Kembang

Sari, Indah Permata and Wahyudi, Edi and Yulizah, Yosi (2023) Pengaruh Media Pakapin Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V di MIS Guppi 12 Lubuk Kembang. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
skripsi indah fixx.pdf

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi oleh penggunaan media PAKAPIN, dimana media PAKAPIN sangatlah kurang dalam kegiatan pembelajaran tematik tema 9 subtema 2. Dalam proses belajar mengajar di kelas V MIS GUPPI 12 Lubuk Kembang pada pembelajaran tematik guru belum sepenuhnya menggunakan media sebagai penyampaian materi. Guru masih menggunakan media buku / LKS dan papan tulis. Media yang di gunakan kurang bervariasi, sehingga siswa juga merasa kesulitan memahami materi yang di sampaikan oleh guru. Peneliti ini merupakan penelitian eksperimen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pre eksperimen. Dengan menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest design. Penelitian ini dilakukan uji kemampuan awal (pretest) ke siswa kelas V(Lima) MIS GUPPI 12 Lubuk Kembang yang berjumlah 21 orang terdiri dari 12 laki-laki dan 9 perempuan, dan uji kemampuan akhir (posstest) setelah pemberian perlakuan. Siswa kelas V MIS GUPPI 12 Lubuk Kembang tersebut merupakan kelas eksperimen. Sedangkan kelas kontrol merupakan siswa kelas V yang juga berjumlah 21 orang. Dengan menggunakan soal-soal yang serupa. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi, serta teknik analisis data berupa uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Hasil belajar siswa setelah menggunakan media PAKAPIN pada pembelajaran tematik kelas V di MIS GUPPI 12 Lubuk Kembang berdasarkan analisis data pada posttest kelas eksperimen memperlihatkan nilai minimal yang diraih oleh peserta didik adalah 44, sedangkan nilai maksimal adalah 96. Media pembelajaran PAKAPIN berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar pada pembelajaran tematik siswa kelas V MIS GUPPI 12 Lubuk Kembang pada tema 9 subtema 6, dengan nilai signifikasi sebesar 0,075 dimana lebih kecil dari 0,05, oleh karena itu Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil tersebut dibuktikan dengan adanya data nilai posttest pada kelas ekperimen, walaupun tidak terlalu signifikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sari, Indah Permatapermataindah9601@gmail.com
Wahyudi, Ediediwahyudi@iaincurup.ac.id
Yulizah, Yosichieyosi@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun1 akun1
Date Deposited: 15 Aug 2023 08:02
Last Modified: 15 Aug 2023 08:02
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/4969

Actions (login required)

View Item View Item